Konseling Behavior dalam Menangani Mahasiswa Pasif (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin)

Authors

  • Romdiyah Romdiyah

DOI:

https://doi.org/10.18592/jt.v3i7.597

Abstract

This study was based on an idea that the habit of students to act passively can be changed, even eliminated with behavioral counseling and the most important is that the desire to change the habit comes from the students themselves.The result of this study has indicated that all the three samples in three cases (A, B, C) are successfully changed after undergoing some treatment in the behavioral counseling that include rewards and punishment, operant conditioning, positive reinforcement and deletion, intermittent reinforcement.It is recommended to students who tend to be passive and whose symptoms may be seen from their habits to skip the class, be ignorant to the lectures, often to leave assignments unfinished, may immediately seek help in settling the problem. Keywords: Behavior counseling, student passive handling. Penelitian ini dilatar belakang pemikiran, bahwa kebiasaan berprilaku pasif mahasiswa bisa diubah, bahkan dihilangkan dengan konseling behavior, asal niatan/keinginan itu benar-benar datang dari mahasiswa itu sendiri.Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ke 3 kasus (A, B, C) dapat berubah melalui teknik konseling behavior, yaitu rewards and punishmen, Pengondisian Operan, Perkuatan Positif dan Peng-hapusan, Perkuatan Intermiten.Disarankan kepada mahasiswa yang pasif, yang wujudnya bisa sering tidak masuk kuliah, ogah-ogahan (malas) dalam mengikuti perkuliahan, bisa mengantuk, tidak fokus, bahkan malas mengerjakan tugas, dapat dengan segera mencari bantuan untuk menyelasaikan masalahnya. Kata Kunci : Konseling behavior, menangani mahasiswa pasif.

Downloads

Published

2016-02-04

How to Cite

Romdiyah, R. (2016). Konseling Behavior dalam Menangani Mahasiswa Pasif (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin). TASHWIR, 4(1). https://doi.org/10.18592/jt.v3i7.597

Issue

Section

Articles