Sumber Belajar Dalam Kurikulum Berbasis Teknologi Dan Informasi

Penulis

  • M. Ramli

Kata Kunci:

sumber belajar, kurikulum, teknologi informasi

Abstrak

Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Belajar berbagai pengetahuan, keterampilan, sikap atau norma-norma tertentu dapat melalui lingkungan sekolah yakni dari guru, dosen, teman sekelas, buku, laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain. Di luar sekolah juga banyak dapat belajar dari orang tua, saudara, teman, tetangga, tokoh masyarakat, buku, majalah, koran, radio, televisi, flim atau dari pengalaman, peristiwa dan kejadian-kejadian tertentu. Kata kunci : Sumber belajar, kurikulum dan teknologi informasi dan komunikasi

Referensi

Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran : Landasn dan Aplikasinya, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2008.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Program Pembinaan Pendidikan Luar Sekolah III, Jakarta, 1997.

Direktorat Pendidikan Masyarakat, Pedoman Sementara Tentang Program Pembinaan Pengetahuan Dasar, Jakarta, Ditjen PLSP, 1996.

Direktorat Pendidikan Masyarakat, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Masyarakat III, Jakarta, Ditjen PLSPO, 1996.

Lela Triantiti dan Husni Sastramihardja, Digital Library, Rineka Cipta, Jakarta: 2008

Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Rencana Umum Desa Binaan Intensif Pemanfaatan Media Pendidikan, Jakarta, Balitbang Dikbud, 1983.

Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Pola Operasional Program Radio Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta, Proyek Pembinaan Teknologi Komunikasi Pendidikan Luar Sekolah, 1980.

Sanapiah Faizal, Pendidikan Luar Sekolah Di Dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional, Surabaya, Usaha Nasional, 1999.

Yusuf Hadi Miarso, Teknologi Komunikasi Pendidikan (Pengertian dan Penerapannya di Indonesia), Jakarta, Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali, 1986.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2011-06-01

Terbitan

Bagian

Articles