Akuisisi bahan pustaka di Perpustakaan MAN 2 Hulu Sungai Utara

Authors

  • Siti Fatimah Mahasiswi Pascasarjana Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v10i1.6790

Keywords:

akuisisi, bahan pustaka, perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur Akuisisi Bahan pustaka pada Perpustakaan MAN 2 Hulu Sungai Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, tanya jawab dan pengarsipan.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, staf, pustakawan, dan bendahara umum sekolah. Data yang telah didapatkan dari hasil pengumpulan data diolah dan dianalisis melalui interpretasi data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan belum menerapkan SOP dalam akuisisi bahan pustaka secara tertulis meskipun memiliki SOP. Kekhasan penelitian ini dalam akuisisi bahan pustaka terdapat penyortiran bahan pustaka. Alat bantu penyortiran bahan pustaka tersebut adalah daftar usulan dari guru dan pembaharuannya adalah mengenai SOP yang akan diterapkan meskipun sebelumnya kadang-kadang digunakan. Akuisisi ini meliputi pemilihan bahan pustaka yang dilaksanakan oleh guru, staf, pustakawan dan siswa melalui pembelian, pemberian atau hibah dan kontribusi (sumbangan) dalam melaksanakan sistem akuisisi bahan pustaka perpustakaan.Peneliti menyimpulkan langkah pemilihan bahan pustaka dilakukan guru dan staf perpustakaan, pemilihan koleksi perpustakaan dengan alat bantu misalnya dari permintaan guru, staf bahkan perpustakaan juga mengolah skala yang diprioritaskan serta mengoreksi terhadap biaya yang tersedia. Meskipun sudah memiliki SOP, di perpustakaan ini masih belum sepenuhnya menjalankan sistem pengadaan koleksi yang berpedoman dengan SOP yang semestinya.

Author Biography

Siti Fatimah, Mahasiswi Pascasarjana Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswi Pascasarjana Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Alrosyid, Hafiz. “Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah.” Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2008.

Darmono, “Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar”, Jurnal Perpustakaan Sekolah. No.1, Th. 1, ISSN 1978-9548, April 2007.

Darmono. Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Cet. 1, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001.

Darmono. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Management dan Tata Kerja, Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2007.

https://asmi-ati.blogspot.com/2013/11/pengadaan-bahan-pustaka_2.html

Ismanu. “Pengadaan Bahan Pustaka Untuk Perpustakaan Sekolah,” Paper dipresentasikan dalam acara Diklat Perpustakaan Sekolah bagi Guru-guru dan Pengelola Perpustakaan SDN Purwodadi 1 dan SDN Purwodadi 1 di UPT Universitas Negeri Malang, tanggal 15 Oktober 2012.

Novi, Testa, Pamungkas. “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Pendidikan Guru sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Oktaviani, Sri. “Pengadaan Bahan Pustaka Cetak Di PerPustakaan di Perpustakaan Lembaga Pendidikan Perkebunan.” Yogyakarta: UIN, 2013.

Rahayu, G. D. Ni. Putu. “Pengadaan Bahan Pustaka Di Perpustakaan Pusat Universitas Warmadewa”. Bali: Universitas Udayan, 2007.

Ratnaningsih. “Pengadaan Bahan Pustaka Di Perguruan Tinggi: Suatu Pengalaman.” dalam jurnal pustakawan Indonesia. V. 10, No.1. Bogor: Institut Pertanian, 2007.

Sutarno. Managemen Perpustakaa: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Sagung Seto, 2006.

Teguh, Yudi, Cahyono. “Peran Perpustakaan Dalam Membangun Budaya Membaca Di Masyarakat,” Jurnal Media Pustakawan, No.1, V. 14, Tahun 2007.

Widiasa, I. Ketut. “Manajemen Perpustakaan Sekolah,” Jurnal Perpustakaan Sekolah. No. 1, Th. 1, ISSN 1978-9548, April 2017.

Yulia, Yuyu, Sujana, G. Janti. Pengembangan Koleksi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Yunaldi, Rio Novriliam. “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Di sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara,” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. No. 1, V.1, Seri B, September 2012.

Yusuf, M. Yusuf. Pedoman Penyelenggaran Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Kencana, 2005.

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Fatimah, S. (2022). Akuisisi bahan pustaka di Perpustakaan MAN 2 Hulu Sungai Utara. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 10(1), 39–48. https://doi.org/10.18592/pk.v10i1.6790

Issue

Section

Articles