Pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku pemustaka dalam penelusuran informasi di Perpustakaan IAIN Kediri

Dwi Wafda Burhani, Nurul Setyawati Handayani

Abstract


Pendahuluan. Pendidikan pemustaka merupakan pengetahuan yang perlu dipelajari untuk mengetahui perpustakaan dan dapat mengetahui layanan informasi yang dibutuhkan di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku penelusuran informasi pemustaka karena terdapat beberapa pemustaka tidak mengetahui layanan yang tersedia dan tidak dapat mengakses informasi yang dibutuhkan.
Metode Penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan 85 responden.
Analisis Data. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan program bantuan IMB SPSS v26 untuk melakukan uji normalitas, uji linieritas, serta uji regresi linier sederhana.
Hasil dan Pembahasan. Penulis melakukan uji normalitas mendapatkan hasil data berdistribusi normal, hasil uji linearitas terdapat hubungan linier, serta hasil uji regresi linier sederhana memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai sebesar 59,9% dan 40,1% oleh variabel lain dan berpengaruh positif. Serta melakukan uji hipotesis dengan hasil nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, maka H 0 ditolak serta H a diterima.
Kesimpulan dan Saran. Jadi pendidikan pemustaka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pemustaka dalam penelusuran. informasi dan hubungan positif, apabila pendidikan pemustaka dikuasai dengan baik maka perilaku penelusuran informasi yang dilakukan juga semakin tepat dan cepat. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan tema yang sama dengan menambah alat uji atau menambah teori yang relevan.


Keywords


Perpustakaan, Pendidikan pemustaka, Perilaku Penelusuran Informasi

Full Text:

PDF

References


Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja.

Elita. (2009). Memahami Memori.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif.

Hs Lasa. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah.

Megawati. (2018). Pengaruh Pendidikan Pemustaka Terhadap Pemanfaatan Koleksi Referensi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mega Rezky Makasar.

Nuerkhaerani. (2018). Analisis Dampak Pendidikan Pemustaka Terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Memanfaatkan Sistem Penelusuran Informasi di Perpustakaan Utsman bin Affan Universitas Muslim Indonesia.

Priyanto, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data SPSS.

Ramayana, D. (2013). Pengaruh Pendidikan Pemustaka Terhadap Perilaku Siswa Kelas X dan XI dalam Akses Temu Kembali Informasi di Perpustakaan MAN Wonosari Gunung Kidul.

Riduwan. (2009). Belajar mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.

Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan.

Sutarno. (2006). Perpustakaan Masyarakat.

Widyawan, R. (2012). Pelayanan Referensi Berawal dari Senyuman.

Wijaya, T. (2012). Praktis dan Simple Cepat Menguasai SPSS 20 Untuk Olah dan Interpretasi Data




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/pk.v9i2.5908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

    

Pustaka Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.