Pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku pemustaka dalam penelusuran informasi di Perpustakaan IAIN Kediri

Authors

  • Dwi Wafda Burhani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nurul Setyawati Handayani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5908

Keywords:

pendidikan pemustaka, penelusuran informasi, perpustakaan, perilaku pemustaka

Abstract

Pendidikan pemustaka merupakan pengetahuan yang perlu dikuasai supaya mengetahui layanan perpustakaan dan dapat dengan tepat menelusuri informasi yang dibutuhkan di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku penelusuran informasi pemustaka karena terdapat beberapa pemustaka tidak mengetahui layanan yang tersedia dan tidak dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan 85 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan bantuan program IMB SPSS v26 untuk melakukan uji normalitas, uji linearitas, serta uji regresi linear sederhana. Penulis melakukan uji normalitas didapatkan hasil data berdistribusi normal, hasil uji linearitas terdapat hubungan linear, serta hasil uji regresi linear sederhana memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai sebesar 59,9% dan 40,1% oleh variabel lain dan berpengaruh positif. Serta melakukan uji hipotesis dengan hasil nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak serta Ha diterima. Kesimpulan dan Saran. Jadi pendidikan pemustaka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pemustaka dalam penelusuran. informasi dan memiliki hubungan positif, apabila pendidikan pemustaka dikuasai dengan baik maka perilaku penelusuran informasi yang dilakukan juga semakin tepat dan cepat. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan tema yang sama dengan menambah alat uji atau menambah teori yang relevan

Author Biographies

Dwi Wafda Burhani, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Nurul Setyawati Handayani, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

References

Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja.

Elita. (2009). Memahami Memori.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif.

Hs Lasa. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah.

Megawati. (2018). Pengaruh Pendidikan Pemustaka Terhadap Pemanfaatan Koleksi Referensi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mega Rezky Makasar.

Nuerkhaerani. (2018). Analisis Dampak Pendidikan Pemustaka Terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Memanfaatkan Sistem Penelusuran Informasi di Perpustakaan Utsman bin Affan Universitas Muslim Indonesia.

Priyanto, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data SPSS.

Ramayana, D. (2013). Pengaruh Pendidikan Pemustaka Terhadap Perilaku Siswa Kelas X dan XI dalam Akses Temu Kembali Informasi di Perpustakaan MAN Wonosari Gunung Kidul.

Riduwan. (2009). Belajar mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.

Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan.

Sutarno. (2006). Perpustakaan Masyarakat.

Widyawan, R. (2012). Pelayanan Referensi Berawal dari Senyuman.

Wijaya, T. (2012). Praktis dan Simple Cepat Menguasai SPSS 20 Untuk Olah dan Interpretasi Data

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Burhani, D. W., & Handayani, N. S. (2021). Pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku pemustaka dalam penelusuran informasi di Perpustakaan IAIN Kediri. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 95–106. https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5908

Issue

Section

Articles