Implementasi model evaluasi cipp pada pelaksanaan program kelompok belajar TBM Leshutama era pandemi covid-19

Authors

  • Yolanda Adellia UIN Tulungagung
  • Arin Prajawinanti UIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5516

Keywords:

covid-19, model evaluasi cipp, program kelompok belajar, tbm leshutama

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengevaluasi pelaksanaan program kelompok belajar yang diselenggarakan TBM Leshutama selama pandemi covid-19 berdasarkan model evaluasi CIPP. Model evaluasi CIPP berfokus pada 4 komponen; 1) evaluasi konteks 2) evaluasi masukan 3) evaluasi proses 4) evaluasi hasil. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dan studi literatur, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Menanalisis data dengan proses pengumpulan, pemilahan, pengklasifikasian ,membuat ikhtisar, dan membuat indeks serta menggali hubungan sumber primer dan sumber sekunder pada penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan; 1) evaluasi konteks, berjalan sesuai harapan, pengelola menjadi fasilitator dan moderator dalam pelaksanaan program kelompok belajar. 2) evaluasi masukan, pengelola termudahkan dalam pengambilan keputusan terkait perbaikan pelaksanaan program melalui feedback dari pengguna TBM Leshutama 3) evaluasi proses, terdapat kendala dalam penerapan protokol kesehatan, pengguna sering lalai untuk menerapkan gerakan 3 M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak. 4) evaluasi hasil, menjelaskan kegiatan kelompok belajar di TBM Leshutama di era pandemi dapat dilaksanakan dengan baik. Evaluasi menunjukan pelaksanaan program kegiatan kelompok belajar di TBM Leshutama efektif untuk dilaksanakan, program kegiatan kelompok belajar mampu menjadi solusi bagi masyarakat setempat yang membutuhkan bimbingan dalam belajar pada masa pandemi covid.

Author Biographies

Yolanda Adellia, UIN Tulungagung

ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM UIN TULUNGAGUNG

Arin Prajawinanti, UIN Tulungagung

ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM UIN TULUNGAGUNG

References

Amaranggana, A. dkk. (2020). Pendampingan Belajar pada Masa Pandemi di Desa Mangunranan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen.

Dewita, A. (2019). Taman Baca Masyarakat (TBM) Sebagai Literasi Informasi Bagi Masyarakat. http://pauddikmassumbar.kemdikbud.go.id.

Iman, M. N. (2016). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN Bandar Sribhanowo, Lampung Timur. Jurnal FKIP UNILA. www://jurnal.fkip.unula.ac.id//download.pdf

Irmayanti. (2020). Hasil Evaluasi Bimbingan Belajar Dan Bimbingan Belajar Di Masa Pandemi Covid 19. https://osf.io/unk6f/download

Kahar, A. (2018). Petunjuk Teknis Apresiasi Tbm Kreatif Dan Rekreatif Tahun 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maulida, R. R. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal Dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Melalui Pendar Dan Dongeng.

Mesiono. (2017). Tinjauan Evaluasi Program. Ilmu pendidikan dan kependidikan.

Mirzaqon, A. dkk. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA.

Mukhosis, A. (2017). Proposal Izin Operasional Taman Baca Masyarakat Leshutama. TBM Leshutama.

Mukhosis, A. (2019). Proposal YPPI TBM Leshutama. TBM Leshutama.

Mukhosis, A. (2020). Transkrip Hasil Wawancara.

Pradistya, R. M. (2021). Teknik Triangulasi dalam Pengolahan Data Kualitatif. https://www.dqlab.id/teknik-triangulasi-dalam-pengolahan-data-kualitatif

Prayitno, E. A. (2013). Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling.

Putri, K. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung Tahun 2017/2018. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Saepudin, E. (2017). Peran Taman Baca Masyarakat (TBM) Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan.

Suarta, G. (2017). Konsep Evaluasi Perencanaan Dan Terapannya Pada Program Penyuluhan. Skripsi Fakultas Peternakan Universitas Danaya.

Suharwoto, G. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. http://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/

Sukaesih, Y. W. (2019). Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa Dan Taman Bacaan Masyarakat.

Sunarya, A. (2013). Studi Tentang Implementasi Kurikulum Muatan Lokal English Conversation. Journal of Chemical Information and Modeling.

Tobing, D. H. dkk. (2016). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udaya.

Wahyudhiana, D. (2015). Model Evaluasi , Measurement, Assessment, Evaluation. Jurnal Islamadina.

Wardah, M. W. (2019). Upaya Taman Baca Masyarakat Ar-Rasyid Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Adellia, Y., & Prajawinanti, A. (2021). Implementasi model evaluasi cipp pada pelaksanaan program kelompok belajar TBM Leshutama era pandemi covid-19. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 71–83. https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5516

Issue

Section

Articles