Komparasi proses pengadaan bahan pustaka dalam pengembangan koleksi perpustakaan perguruan tinggi

Authors

  • Dedy Hermawan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5513

Keywords:

bahan pustaka, pengadaan, perpustakaan

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengadaan bahan pustaka dengan menggunakan perbandingan studi kasus pada Perpustakaan Institut Pertanian Bogor, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Perpustakaan Pelamonia Kesdam VII Wirabuana  Makassar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengadaan bahan pustaka pada perpustakaan. Metode yang digunakan merupakan sebuah studi literatur seperti jurnal dan buku serta bahan bacaan lain yang memuat tentang pengadaan bahan pustaka. Penelitian diperoleh melalui teori yang berkaitan dengan pengadaan bahan pustaka di perpustakaan yakni pengembangan koleksi, akuisisi, jenis bahan pustaka, kriteria, serta metode pengadaan bahan pustaka. Hasil yang didapatkan yakni pertama pada perpustakaan Universitas Pertanian Bogor melakukan pengadaan atau pembelian dengan cara swakelola, pengadaan dengan lelang serta mengalokasikan sumber dana masyarakat guna melanggan buku terbitan dari dalam negeri, jurnal, jurnal elektronik serta ebook. Kedua dari perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan pengadaan bahan pustaka dengan cara pembelian, tukar menukar, hadiah. Ketiga, pengadaan bahan pustaka oleh perpustakaan Pelamonia Kesdam VII Wirabuana tidak jauh berbeda dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya. Sistem kegiatan pengadaan koleksi yang dilakukan yaitu dengan melakukan pembelian, sumbangan serta partisipasi mahaiswa. Proses pengadaan koleksi yang diadakan oleh perpustakaan perguruan tinggi yang dijadikan studi kasus masih banyak kekurangan terutama pada jaringan koneksi dari luar sehingga sistem pengadaan bahan pustaka menjadi kurang maksimal.

References

Evans, G Edward, Developing Library and Information Center Collection. New York: Library Unlimited,1987.

__________. Developing Library and Information Center Collection. New York: Library unlimited, 2000.

H,S, Lasa, Jenis-jenis Pelayanan Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press, 1998.

Soeatimah, Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan, Yogyakarta: Kanisius, 1991.

__________, Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan, Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.

Wijono, Pengadaan dan Pemilihan Bahan Pustaka, Bandung: LP3ES, 1981.

Winoto, Y, Sukaesih, Studi tentang kegiatan pengembangan koleksi (collection development) pada perpustakaan perguruan tinggi di Wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat. Khizanah Al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(2), 2016, pp. 118-129.

Subiyanti, Lilin, 2014. Metode Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan, (http://27lilin.blogspot.co.id/2014/02/metode-pengadaan-bahan-pustaka-di.html) Diakses pada 24 oktober 2019.

http://perpusunikdas.blogspot.com/2016/10/pengadaan-bahan-pustaka-di-perguruan.html. Diakses pada 24 oktober 2019

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Hermawan, D. (2021). Komparasi proses pengadaan bahan pustaka dalam pengembangan koleksi perpustakaan perguruan tinggi. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 59–70. https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5513

Issue

Section

Articles