Analisis ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu perpustakaan dan informasi (sebuah kajian filsafat ilmu dan keislaman)

Juairiah Juairiah

Abstract


Ilmu Perpustakaan dan Informasi dalam perspektif Filsafat Ilmu merupakan sebuah disiplin ilmu yang mengkaji proses penggalian Ilmu Perpustakaan dan Informasi bertujuan untuk melihat hakikat dari Ilmu Perpustakaan dan Informasi tersebut. Untuk mencari tahu tentang Filsafat Ilmu Perpustakaan dan Informasi maka dapat digali dari tiga aspek yaitu: Apa yang dikaji oleh pengetahuan Ilmu Perpustakaan dan Informasi itu (ontologi)? Apakah Ilmu Perpustakaan dan Informasi benar-benar dapat disebut ilmu (epistemologi)? Dan untuk apa Ilmu Perpustakaan dan Informasi tersebut (aksiologi)?. Ontologi Ilmu Perpustakaan dan Informasi tidak hanya mengkaji teori-teori ilmu perpustakaan, ilmu terapan yang diterapkan di perpustakaan, dan rekaman informasi; lebih jauh dari itu mempelajari bagaimana cantuman informasi dalam berbagai bentuk media dan sistem temu balik informasinya dalam kaitannya dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Sedangkan Ilmu Perpustakaan dan Informasi jika dikaji dari segi epistemologi merupakan manajemen pengetahuan manusia, antar cabang ilmu pengetahuan yang paling banyak dibanding dari semua ilmu lain, dan karena menyangkut filsafat ilmu pengetahuan, ilmu ini berpotensi menjadi ilmu yang paling filosofis dibanding ilmu yang dikaji profesi lain. Dan aksiologi dari Ilmu Perpustakaan dan Informasi tentunya sangat urgen dan berguna untuk pencarian dan penyebarluasan informasi bagi kemaslahatan umat manusia, pada pandangan yang lebih luas ilmu ini melalui pustakawan sebagai profeional  informasi menjalankan peran perpustakaan sebagai agen perubahan, pembangunan, agen budaya serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari masa ke masa.

Keywords


aksiologi; epistemoogi; filsafat ilmu; filsafat ilmu perpustakaan dan informasi; ontologi

Full Text:

PDF

References


Indonesia, Kementerian Agama. 2019. Tafsir Ringkas Kemenag RI. https://tafsirweb.com/1236-surat-ali-imran-ayat-104.html. [diakses 16 Oktober 2019].

------------, Kementerian Agama. 2019. Tafsir Ringkas Kemenag RI. https://tafsirweb.com/4473-surat-an-nahl-ayat-125.html. [diakses 16 Oktober 2019].

------------, Kementerian Agama. 2019. Tafsir Ringkas Kemenag RI. https://tafsirweb.com/8671-surat-az-zumar-ayat-9.html. [diakses 18 Oktober 2019].

Iswanto, Rahmat dan Sulistyowati. “Prospek Pusat Informasi dan Perpustakaan dalam Perkembangan Information And Communication Technology (ICT) : Tinjauan Komprehensif Nilai Filosofi Ilmu Informasi dan Perpustakaan”. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan STAIN Curup, VOL.2, NO.1, 2018.

Lasiyo. 2007. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Handout Kuliah Filsafat Ilmu. Program Pascasarjana Universitas Airlangga.

Mubasyaroh. 2016. “Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi.” Jurnal Libraria, Vol. 4, No. 1.

Pendit, Putu Laxman. 2003. Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: JIP-FSUI.

Pendit, Putu Laksman dkk. 2007. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Pendit, Putu Laxman. 2018. Makalah untuk Diskusi Memetakan Perkembangan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia“ Ilmu Perpustakaan dan Informasi: sebuah tinjauan ringkas tentang aspek ontologi dan epistimologi dalam kontek Indonesia” di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Philosophy and Methodology of Information: The Study of Information in The TransdiciplinaryPerspective. Editors: Gordana Dodig-Cmkovic, Mark Burgin. Series: Word Scientific Series in Information Studies; Volume 10. New Jersey: Word Scientific, 2019.

Shera, J.H. 1973. Toward a Theory of Librarianship and Information Science. Ci. Inf., v. 2, n. 2. pp. 87-97.

Sinaga, Dian. 2004. “Perpustakaan Umum di Indonesia Sebagai Agen Perubahan Sosial.” Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 6, No. 1, Maret.

Soekanto. Soerjono. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sulistyo-Basuki. 2003. Manajemen Arsip Dinamis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suriasumantri, Jujun S. 2001. Filsafat Ilmu Sesuai Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan: Jakarta.

Suriasumantri, Jujun S. 1993. Filsafat Ilmu: sebuah pengantar populer. Jakarta: Sinar Harapan.

Suwarno, Wiji. 2011. Penrpustakaan & Buku. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin. 1425 H (2004). Syarh Al-Arba’in An Nawawiyyah. Dar Ats-Tsuraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/pk.v7i15.3758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

     

Pustaka Karya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.