Analisis metode evaluasi koleksi sebagai acuan kegiatan pengembangan koleksi

Authors

  • Rahmani Yusuf Perpustakaan SMP IT Ukhuwah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.3398

Keywords:

manajemen koleksi, metode evaluasi, pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode evaluasi koleksi yang bisa diterapkan dalam proses pengembangan koleksi di perpustakaan. Metode evaluasi koleksi yang dikemukakan dalam pembahasan ini, yaitu collection-centered yang diterapkan oleh Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan focus pada tiga jenis pekerjaan, yaitu pencocokan pada daftar (list checking), pendapat pakar serta berdasarkan standar koleksi. Kemudian Perpustakaan UPT BIT-LIP melewati proses pada koleksi yang berdasarkan pada jenis, tahun terbit, subyek, dan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Terdapat 3 tahapan dalam proses pengumpulan data yaitu editing, organizing, dan finding. Analisis data menggunakan teori atau pendapat Edwards. G. Evans mengenai pengembangan dan evaluasi koleksi perpustakaan. Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan evaluasi berdasarkan metode collection-contered yang terdapat tiga jenis yaitu pencocokan pada daftar yang sudah dibuat oleh pustakawan sebelumnya, meminta pendapat pakar baik kepada dosen setempat ataupun orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan berdasarkan standar koleksi. Sedangkan perpustakaan UPT Balai Informasi Teknologi LIPI mengevaluasi koleksi dengan menerapkan cara pemetaan pada koleksi yang biasa digunakan perpustakaan UPT BIT-LIPI mengimplikasikan dua fitur yaitu berbasis dengan koleksi dan berbasis kepada pengguna. Masih belum ada metode evaluasi koleksi yang cukup, lalu pendekatan gabungan atau kombinasi dari berbagai macam metode adalah yang paling efektif sampai saat ini.

Author Biography

Rahmani Yusuf, Perpustakaan SMP IT Ukhuwah Banjarmasin

Perpustakaan SMP IT Ukhuwah Banjarmasin

References

G Edward. (1987). Developing library and information center collection. Library Unlimited.

Gabriel, M. R. (1995). Collection Development and Evaluation: A Sourcebook. Md Scarecrow.

Kamaludin. (2019). Metode Evaluasi Koleksi Perpustakaan :Studi Kasus Pemetaan Koleksi UPT Balai Informasi Teknologi LIPI. Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 1(1).

Noerhayati. (1987). Pengolahan Perpustakaan. Alumni.

Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman (Kedua). (1994). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rifa’i, A. (2013). Perpustakaan Islam. Rajawali Press.

Sulistyo Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.

Winato, Y., Sinaga, D., & Rohanda. (2018). Dasar-dasar Pengembangan Koleksi. CV. Intishar Publishing.

Winoto, Y., & Kusumawati, D. (2019). Penggunaan metode collection-centered dalam kegiatan evaluasi koleksi di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 1(1).

Wisnu Hardi. (2005). Kajian Koleksi Bidang Linguistik Dengan Metode Conspectus di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Yusuf, R. (2021). Analisis metode evaluasi koleksi sebagai acuan kegiatan pengembangan koleksi. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 85–94. https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.3398

Issue

Section

Articles