PENGEMBANGAN TRADISI MENULIS PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • AHMAD SYAWQI Pustakawan UIN Antasari

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v7i13.3144

Abstract

For a writer, reading and writing are complementary and inseparable to each other.  A person who can read is not necessarily a writer, but a writer is a true reader who is never bored with a variety of reading materials. Both reading and writing are intellectual traits. In writing, we need  to have certain interest which may eventually develop into a habit. Interests and reading habits are acquired through learning  they do not grow by themselves. The ability to write does not develop just like that, but it is strongly influenced by the habit of reading then expressed by writing down the thoughts that have been developed and these thoughts are influenced by the author's thought itself. With that cycle the librarian profession will continue to evolve because  librarians always upgrade their knowledge with updated ideas through the process of reading, reviewing and presenting them back in a form of new writing. Keywords: writer, read, write, intellectuals, librarians Bagi seorang penulis, kegiatan membaca dan menulis adalah dua hal yang saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan.Seorang yang bisa membaca belum tentu seorang penulis, tetapi seorang penulis adalah seorang pembaca yang sejati yang tak pernah bosan dengan berbagai bahan bacaan. Keduanya merupakan suatu ciri intelektual. Dalam menulis dibutuhkan minat dan yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi kebiasaan. Minat maupun kebiasaan membaca diperoleh seseorang karena dipelajari, tidak tumbuh dengan sendirinya. Kemampuan menulis pun tidak tumbuh begitu saja, melainkan sangat dipengaruhi oleh kebiasaan membaca dan kemudian diungkapkan kembali dengan cara menuliskan pemikiran yang sudah dikembangkan dan dipengaruhi oleh pemikiran si penulis itu sendiri. Dengan siklus itu, profesi pustakawan akan senantiasa berkembang karena selalu mernperbaharui otaknya dengan pemikiran-pemikiran mutakhir, melalui proses membaca, mengkaji dan menyajikannya kembali dalarn bentuk tulisan baru. Kata kunci : penulis, membaca, menulis, intelektual, pustakawan

References

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, 2008.Akreditasi Program Studi Sarjana, Jakarta: BAN PT

Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2005. Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, Cet. 3.

Hermanto, Faktor Penghambat Pustakawan dalam Menulis Artikel di Suratkabar. Jurnal Perpustakaan Pertanian, ( 13) 2, 2004.

http://andesfilibrary.blogspot.co.id/2015/01/pustakawan-dan-menulis.html, diakses, Jum’at, 24 Juni 2016

Pranoto, Edy,1997. “Menggelitik Keengganan Pustakawan Untuk Menulis”. Jurnal BACA, Vol. 22, No. 3-4, Sept.

Purwani, Istiana, 2008. Minat Pustakawan dalam Menulis. WIPA: Wahana InformasiPerpustakaan UAJY vol. 12 (Nov. 2008)

Rosa, Helvy Tiana, 2007.Menulis Bisa Bikin Kaya, Solo: Ziyad Visi Media, Cet. 3

Santoso, Hari, 2007. Peningkatan keterampilan menulis Karya ilmiah bagi pustakawan. Makalah tidak dipublikasikan dan didokumentasikan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Suciati, Tien Martini SR, 1999. Minat dan Kebiasaan Menulis Pustakawan sebagaimana tercermin pada majalah ilmih perpustakaan terbitan Indonesia, Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Jakarta: Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Sumantri, Usep Pahing, 2004. Motivasi Pustakawan dalam Menulis Karya Ilmiah, yang Dipublikasikan (Survei di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian). Jurnal Perpustakaan Pertanian, 13 (2).

Wulandari, Tri dan Agus Setyo Utomo,2013. Motivasi Pustakawan dalam Menulis Karya Ilmiah, pada Terbitan Berkala di Badan Arsip dan Perpustakaan JawaTengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan , 2 (4), .http: http://ejournal s1.undip .ac.id/index.php/jip, diakses Jum’at, 24 Juni 2016.

Yusuf, Pawit M. Yusuf, 2013. Dasar-dasar Penulisan Paper: Teknik Cepat Menulis Karya Ilmiah. Makalah. Disampaikan pada Kegiatan Kursus Pelatihan InstrukturLiterasi Informasi Paket A. Kerjasam UPH-UNPAD, 8 -11 April 2013.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

SYAWQI, A. (2023). PENGEMBANGAN TRADISI MENULIS PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 9–24. https://doi.org/10.18592/pk.v7i13.3144