PERANAN DAN FUNGSI PERPUSTAKAAN MASJID DALAM MENCERDASKAN UMAT ISLAM

Authors

  • Fitriani Fitriani POLITEKNIK BANJARMASIN

DOI:

https://doi.org/10.18592/pk.v5i10.1619

Keywords:

perpustakaan, peranan, fungsi, masjid

Abstract

Masjid tidak hanya dijadikan sebagai sarana penyelenggaraan shalat, tetapi juga menjadi institusi sosial yang berperan dalam membangun pendidikan, ekonomi, dan politik umat. Masjid memiliki banyak fungsi, yang salah satunya adalah sebagai lembaga pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan, masjid tidak bisa dipisahkan dari keberadaan perpustakaan. Perpustakaan masjid adalah salah satu bentuk perpustakaan khusus yang berfungsi melayani kebutuhan intelektual masyarakat di sekitarnya. Dengan adanya perpustakaan, maka masjid juga berfungsi sebagai pusat pendidikan karena lewat perpustakaan para jamaah masjid dan umat Islam umumnya mempelajari apa-apa yang telah dihasilkan terlebih dahulu dan senantiasa dapat mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap informasi-informasi yang baru secara positif.Kata kunci : perpustakaan, peranan, fungsi, masjid

Author Biography

Fitriani Fitriani, POLITEKNIK BANJARMASIN

DOSEN

References

Bachrun Rifa’I dan Moch. Fakhruroji, Manajemen Masjid Mengoptimalkan Fungs Sosial Ekonomi Masjid. Bandung : Benang Merah Press, 2005.

Al Mubarakfury, Syaikh Shafiyyur Rahman, Penerjemah, Kathur Suhardi, Sirah Nabawiyah, Jakarta : Pustaka al Kautsar, 1997.

An-Nadawi, Abul Hasan Ali. Kerugian apa yang Diderita Dunia Akibat Kemerosotan Kaum Muslimin. Alihbahasa Abu Laila dan Mohammad Tohir. Bandung: PT AL-Ma`arif, 1983.

Anton Moeliono (Ed.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka, 1988.

Arsalan, Al-Amir Syakib. Mengapa Kaum Muslimin Mundur? Alihbahasa K.H. Moenawar Chalil. Jakarta: Penerbit Bulan Bintang, 1985.

Azhim, Ali Abdul. Epistemologi dan Aksiologi Ilmu dalam Perspektif Al-Qur`an. Alihbahasa Khalilullah Ahmad Masykur Hakim. Bandung: CV Rosda, 1989.

Eryono, M. Kailani dan Abdul Azis Batjo. Pedoman Perpustakaan Masjid. Jakarta: Pusat Perpustakaan Islam Indonesia dan P3M, 1991.

Farugi, Ismail Raji. Islamisasi Pengetahuan. Alihbahasa Anas Mahyudin. Bandung: Penerbit Pustaka Salman ITB, 1984.

http://daryono.staff.uns.ac.id/20017/05/25/manajemen-perpustakaan-masjid.

Muchyidin, Ase S. Manajemen dan Pengembangan Perpustakaan Masjid, dalam Dinamika Informasi Global, (Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya, 1998).

Majalah Ikatan Pustakawan Indonesia, volume 17, nomor 1, 1995.

PERPUSTAKAAN NASIONAL RI, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Khusus, Jakarta, 2006.

Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, jakarta : PT. Gramedia Utama, 1993.

---------------------, Periodesasi perpustakaan Indonesia, Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 1994.

SUTARNO, NS. Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta, 2006.

SOMADIKARTA, LILY K. Prinsip-prinsip katalogisasi bahan pustaka dalam The Anglo American Cataloging Rules. Jakarta, Jurusan Ilmu Perpustakaan FSUI, 1973.

SUTONO, URIP. Pengantar ke organisasi dan administrasi perpustakaan universitas di Indonesia. Jakarta, Jurusan Ilmu Perpustakaan FSUI, 1973.

SJAHRIAL PAMUNTJAK, RUSINA. Pedoman penjelenggaraan perpustakaan. Djakarta, Djambatan, 1972.

Tim Penyusun Materi Mentoring. Membina Masjid. Bandung: Keluarga Remaja Islam Salman, 1985.

Qalyubi, Syihabuddin, dkk. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan (IPI) Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, 2007.

Yani, Ahmad, Panduan Memakmurkan Masjid, Jakarta : Al qalam, 2009.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Fitriani, F. (2023). PERANAN DAN FUNGSI PERPUSTAKAAN MASJID DALAM MENCERDASKAN UMAT ISLAM. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 52–64. https://doi.org/10.18592/pk.v5i10.1619