Pesan-Pesan Pendidikan Ibadah (Telaah Novel Sang Pencerah) Karya Akmal Nasery Basral

Authors

  • Ali Muttaqin Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Normuslim Normuslim Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4738

Abstract

Fokus penelitian ini menggali pesan pendidikan ibadah, hal ini sebagai usaha untuk melihat bagaimana pesan pendidikan ibadah yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya tentang pendidikan ibadah. Pendekatan yang digunakan dalam mencari data pada penelitian ini adalah studi riset kepustakaan ( library research) dengan tahapan pokok yang menelusuri sumber-sumber data dari berbagai bacaan baik yang bersifat primer maupun yang bersifat skunder. Setelah penelusuran data dilakukan, maka akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis data (content analysis). Hasil penelitian ini akan menemukan beberapa pesan ibadah yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca seperti pesan ibadah shalat, puasa, dan shadaqah.

References

Ac hmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Ali, Muhammad Daud, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Basral, Akmal Nasery, Novel Sang Pencerah: Novelisasi Kehidupan KH. Ahmad Dahlan dan Perjuangannya Mendirikan Muhammadiyah, Bandung: Mizan, 2010.

Chirzin, Muhammad, “Puasa dan Perolehannya dalam Al-Quran (1),” Suara Muhammadiyah: Meneguhkan dan Mencerahkan, No. 14/Th. Ke-96, 16-31 Juli 2011.

Gojali, Nanang, Manusia, Pendidikan dan Sains Dalam Perspektif Tafsir Hermeneutik, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Kinayati, “Pesona Karya Sastra Dalam Pendidikan dan Pengajaran”, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ke-12 No. 063, November 2006.

Mahmud, Ali Abdul Halim, Islam dan Pembinaan Kepribadiaan, Jakarta: Akademika Pressindo, 1995.

Muri’ah, Siti, “Pendidikan dalam Perspektif Islam Konsepsi dan Operasionalisasinya”, Jurnal Ilmiah Manahij: Berpikir Kritis Transformatif, Vol. 1, No. 1, Mei 2008.

Downloads

Published

2021-09-14

How to Cite

Muttaqin, A., & Normuslim, N. (2021). Pesan-Pesan Pendidikan Ibadah (Telaah Novel Sang Pencerah) Karya Akmal Nasery Basral. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4738