Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Materi Mujahadah An Nafs, Husnuzzan dan Ukhuwah

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/ptk.v5i1.3043

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Selanjutnya, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Perkasa.

Djamarah, S.B dan Zain, A. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. (2006). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rejeki, S. (2015). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Magelang. Jurnal Pendidikan. 2(2): 90-91.

Sungur, S., C. Tekkaya & Ö. Geban. (2016). Improving Achievement through Problem-Based Learning. Educational Research Journal. 40(4): 156.

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Rahmawati, R. (2019). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Materi Mujahadah An Nafs, Husnuzzan dan Ukhuwah. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v5i1.3043