Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Penyetaraan Persamaan Reaksi Kimia Sederhana Melalui Metode Telunjuk Kanan dan Telunjuk Kiri di Kelas X-D MAN 3 Banjarmasin Tahun 2014/2015

Chairunnisa Chairunnisa

Abstract


 Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman  dan respon siswa kelas X – D MAN 3 Banjarmasin terhadap mata pelajaran kimia pada pokok bahasan penyetaraan persamaan reaksi sederhana.

Penelitan tindakan kelas ini menggunakan metode telunjuk kanan dan telunjuk kiri. Subyek penelitian siswa kelas X-D MAN 3 Banjarmasin sebanyak 38 orang, yang terdiri dari 13 orang siswa dan 25 orang siswi. Penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober 2014  sampai Januari 2015 didukung dengan dua orang guru kimia yang mengajar di kelas berbeda bertindak sebagai pengamat (observer). Data yang dikumpulkan melalu teknik tes dan non tes dan analisis menggunakan uji presentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 kemampuan guru menerapkan metode telunjuk kanan dan telunjuk kiri pada pokok bahasan penyetaraan persamaan reaksi sederhana adalah baik dan ada peningkatan pemahaman siswa. Ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal mencapai 70,75 %, sedangkan siklus II mencapai 97,20 %. Selain itu, terdapat peningkatan keterampilan kooperatif terutama kemampuan siswa untuk melakukan hubungan sosial seperti mau bertanya pada orang lain, menghargai pendapat orang lain, mau menerima saran orang lain dan mau menyumbangkan ilmu, yang sebelum tindakan kurang mampu dan setelah dilakukan tindakan menjadi sangat mampu.

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Mulyati. (1994). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Bandung: Airlangga Press.

Arikunto, S. (1997). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Depdikbud. (1995). Kurikulum Kimia 1994 Sekolah Menengah Umum (GBPP). Jakarta : Kanwil Depdikbud

Karyadi, B. (1995). Kimia 2 Untuk SMU Kelas 2. Jakarta: Depdikbud Balai Pustaka.

Marganof. (1998). “Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa kelas II SMUN1 Kotto XI Tarusan Dalam Memahami Materi Persamaan Reaksi dan Upaya Memperbaikinya Dengan Menerapkan Metode Pemecahan Masalah”. Tesis. Tidak Diterbitkan : PPS IKIP, Malang.

Nurhadi Th., dan Sri Anitah W. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Subagyo, J.K. (1997). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, N dan Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru

Sund, R.B dan Trowbridge, L.W. (1973). Teaching Science by Inquiry in The Secondary Schools. Ohio: Charles E. Merryl Publishing Company.

Sutresna, N. (1994). Penuntun Belajar Kimia I Untuk SMU Kelas I. Bandung : Ganeca Exact.

Tresna Sastrawijaya. (1988). Proses Belajar Mengajar Kimia. Jakarta : P2LPTK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Warkitri, Anitah, S.W, Chasiyah dan Legowo, E. (1990). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta : Karunika.

Winarti, W, Sajimanto. (1995). Kimia SMU Kelas 2. Jakarta : Pabelan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Flag Counter