Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sikap Kepahlawanan dan Patriotsm Kelas IV SDN Purwosari 02

Nurhidayati Nurhidayati

Abstract


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengajarkan pada siswa SD agar mereka kelak mengenal fenomena alam dan fenomena sosial mulai dari lingkungan yang dekat sampai kepada lingkungan yang lebih jauh (dunia). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan tindakan didalam kelas dengan menggunakan aturan sesuai dengan metodologi penelitian yang dilakukan dalam beberapa periode atau siklus. Materi yang dipilih dalam penerapan penelitian tindakan kelas ini adalah materi kepahlawanan. Penelitian ini memperlihatkan kemajuan yang dilakukan peserta didik dalam bentuk hasil tes yang meningkat. Hasil tes formatif siswa pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa dengan prosentase 23.5%. Pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sejumlah 28 siswa dengan prosentase 82.4%. Terjadi kenaikan pada hasil tes formatif siswa sehingga menunjukkan bahwa penerapan model card sort dapat meningkatakan hasil belajar siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Fatah Yasin, 2008, Dimensi-Dimensi

Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Lilin Persada Press.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

H. Daryanto. (2005). Evaluasi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. Jarolimek, John. 1993. Social studies in Elementary Education (9th.Ed). New York: Macmilan Publishing.co.Ltd).

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai

Pengembangan Profesi Guru.

Jakarta : Rajawali Pers.

Muhammad Asrori, 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima

Mulyasa, 2004. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya, dkk. 2008. Konsep Dasar IPS. Bandung: Laboratorium PKN Universitas Pendidikan Indonesia.

Sapriya, dkk. 2008. Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKN. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sumarno, 2003. Pendidikan Kewarnegaraan. Jakarta: PT Pustaka Tiga Kelana Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Winaputra, US. 2008. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

Flag Counter