RITUAL PEMBACAAN ISTIGHOSAH SEBAGAI BENTENG SPIRITUAL DARI WABAH VIRUS CORONA OLEH PENGURUS BESAR NAHDLATUL ULAMA (PBNU)

Main Article Content

M. Ahim Sulthan Nuruddaroini

Abstract

Istighosah merupakan salah satu ritual penting dan utama yang selalu dilaksanakan oleh warga Nahdliyyin. Istighosah diyakini sebagai benteng yang ampuh untuk menangkal segala marabahaya termasuk covid-19. Baru-baru ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) diikuti warga Nahdliyyin diseluruh Indonesia mengadakan Istighosah sebagai ikhtiar spiritual untuk membentengi ganasnya virus corona. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana ritual pembacaan istighosah sebagai benteng spiritual dari wabah virus corona oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan warga Nahdliyyin. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data utama menggunakan dokumentasi yang di dukung oleh wawancara dan observasi. Teknik analisis menggunakan model analisis Spradley yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema kultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut masyarakat Nahdliyyin, Istighosah yang dilaksanakan secara rutin dan Istiqomah diyakini dapat menghindarkan pembacanya dari segala marabahaya termasuk covid 19. Istighosah juga diyakini salah satu ritual doa yang ampuh dan mujarab. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat untuk membentengi diri melalui pendekatan spiritual dan transenden.

Article Details

Section
Articles

References

Admin. “Ini Naskah Lengkap Istighotsah Kubro Online PWNU Jatim.” NU JATIM ONLINE, 2020. https://pwnujatim.or.id/ini-naskah-lengkap-istighotsah-kubro-online-pwnu-jatim/.

“Al-Anfal - الانفال | Qur’an Kemenag.” Diakses 25 September 2021. https://quran.kemenag.go.id/sura/8.

Arifin, Gus. Doa-Doa Lengkap Istighosah. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.

Ash-Shiddiqy, T.M. Hasby. Pedoman Dzikir dan Do’a. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2005.

Asrori, Muhammad. “Pengertian dan Bacaan Dalam Istighosah.” Jurnal Tausyah Vol. III (2012).

Dimasyqī, Isma’īl ibn Kaṡīr al-. Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm, Jilid 7. Kairo: Muassisah Qurṭubah, 2000.

Elyas, Papa Luis Maluf. Munjid fil Lughoh Wa a’ala. Lebanon: El Mucheg, Beirut, 1998.

Hidayah, Nur, Theo Wibisono, Syifa Abdil, Muhammad Hanif, dan Eryc Patria. “Pembentukan Desa Tangguh Corona Di Desa Tidar Selatan Kota Magelang.” JURNAL PASOPATI Vol. 2 No. 2 (2020).

Irawati. “Pengaruh Istighotshah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Dalam Meningkatkan Keberagamaan Masyarakat Kampung Balebungkus Cileles Lebak.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2018.

“Istighotsah dan Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa,” 2020. https://www.malangkab.go.id/mlg/default/page?title=istighotsah-dan-doa-bersama-untuk-keselamatan-bangsa.

Kementerian Agama. “Kemenag Gelar Istighosah Daring, Doakan Wabah Covid-19 Segera Berakhir,” 2021. https://kemenag.go.id/read/kemenag-gelar-istighosah-daring-doakan-wabah-covid-19-segera-berakhir-p4gya.

Khalidiyah, Tuhfatul. “Istighosah Gus Ali Mustofa Asady Dalam Membangun Emosional Spiritual Quotient Pada Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di Singosari Kabupaten Malang.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Kurnianto, Choiri. “Ikuti Banyuwangi Berdoa Bersama Ketua PBNU dan Bupati Ipuk, Catat Tanggalnya - Kabar Rakyat.” Ikuti Banyuwangi Berdoa bersama Ketua PBNU dan Bupati Ipuk, Catat Tanggalnya - Kabar Rakyat, 2021. https://www.kabarrakyat.id/religi/pr-02429304/ikuti-banyuwangi-berdoa-bersama-ketua-pbnu-dan-bupati-ipuk-catat-tanggalnya.

Ma’arif, A Samsul. “Penguatan Ketaqwaan Masyarakat Ampeldento Melalui Amaliyah NU (Nahdlatul Ulama’),” 2019.

Ma’shum, Ishomuddin. “Kiai Romly Tamim, Penyusun Doa Istighotsah,” 2014. https://www.nu.or.id/post/read/52691/kiai-romly-tamim-penyusun-doa-istighotsah.

———. Sejarah Keutamaan Istighosah. Surabaya: LTN Pustaka, 2018.

———. “Siapa Penyusun Bacaan Istioghotsah?,” 2013. https://www.nu.or.id/post/read/47541/siapa-penyusun-bacaan-istioghotsah.

Mudassir, Rayful. “Zikir dan Istighosah Nasional Tangkal Corona, MUI: Lakukan Secara Daring.” Bisnis.com, 2020. https://kabar24.bisnis.com/read/20200409/79/1224948/zikir-dan-istighosah-nasional-tangkal-corona-mui-lakukan-secara-daring.

Mufid, Ahmad Syafi’i. Zikr Sebagai Pembinaan Kesejahteraan Jiwa. Surabaya: Bina Ilmu, 1985.

Muhtarom, Ali. “Ideologi, Transnasionalisme, dan Jaringan Lembaga Pendidikan Islam: Kontestasi LIPIA dan STFI Sadra di Indonesia.” Disertasi, UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Muhyiddin, dan Muhammad Hafil. “JIC dan PCNU Gelar Istighotsah dan Seminar Virus Corona.” Republika Online, 2020. https://republika.co.id/share/q6ul9e430.

Mustinda, Lusiana. “Bacaan Istighosah Kubro untuk Memohon Perlindungan Allah SWT,” 2020. https://news.detik.com/berita/d-5309148/bacaan-istighosah-kubro-untuk-memohon-perlindungan-allah-swt.

Rahmah, Siti. “Pengaruh Kegiatan Istighosah Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Di SMP Islam Darussalam Tambak Madu Surabaya.” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2011. http://digilib.uinsby.ac.id/9054/.

Rubaidi. “Desakralisasi Tradisi Keagamaan: Studi Tentang Perubahan Makna Simbolik Istighosah Di Jawa Timur.” Millah Vol. VIII No. 2 (2009).

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Tuasikal, Muhammad Abduh. “Istighosah Demi Terlepas dari Bala Bencana.” Jurnal Rumaysho.com, 2012.

Wabianto, Alif. “Dzikir Istighasah Sebagai Media Peningkatan Spiritualitas Anggota Ikatan Mahasiswa Alumni Darul ’Ulum Di Tangerang Selatan.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

Wahab, Muhammad ibn Abdul. Kitāb al-Tauhīd. Dār al-‘Arābiyyah, 1969.