PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SDN 5 GUNTUNG MANGGIS KOTA BANJARBARU

Authors

  • M. Ihsan Ramadhani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Siti Faridah Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.6274

Keywords:

Pemanfaatan, Sarana dan Prasarana, Tematik

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran tematik kelas II SDN 5 Guntung Manggis Kota Banjarbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah dua orang guru tematik kelas II SDN 5 Guntung Manggis Kota Banjarbaru. Penarikan sampel teknik non probability sampling yaitu sampling purposive yaitu guru kelas II yang mengajar tematik. Alat penggali data yang digunakan diantaranya observasi, wa- wancara, dan dokumentasi. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang mana pendekatan kualitatif juga dikombinasikan dengan kuantitatif, akan tetapi penekanannya tidak pada pengujian hipotesis melainkan pada usaha menjawab pertanyaan penelitian melalui cara-cara berfikir formal dan argumentatif. Hasil analisis dapat disampaikan bahwa data perolehan dari observasi menunjukkan bahwa pemanfaatan sarana dan prasarana da- lam proses pembelajaran tematik kelas II SDN 5 Guntung Manggis Kota Banjarbaru mem- peroleh persentase rata-rata sebesar 54,16% dengan kriteria baik. Untuk kelas IIA memperoleh hasil persentase 58,33% dengan kriteria baik. Kelas IIB memperoleh hasil persentase 50,00% dengan kriteria cukup, hal ini diperkuat dengan data perolehan hasil wawancara dengan guru te- matik kelas II dan kepala sekolah SDN 5 Guntung Manggis Kota Banjarbaru.

References

Ali, M. 2013. Penelitian Kependidikan (Prosedur dan Strategi). Bandung: Angkasa

.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi, & Arifin, M. 2017. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya

Pramono, H. 2012. Pengaruh Sistem Pembinaan, Sarana Prasarana Dan Pendidikan Latihan Terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 29 (1). 7-16.

Septiana, R. A. 2016. Pemanfaatan Sarana Prasarana dalam Proses Pembelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Gugus Larasati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 5-6.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaifuddin, M. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 2 (2). 139-144.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles