STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI DI SEKOLAH

Adri Patton

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementasi komunikasi organisasi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian yang berkualitas sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode triangulasi data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa dalam pelaksanaan komunikasi organisasi di sekolah belum berjalan dengan baik, terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam berkomunikasi seperti faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti penyampaian pesan dari atasan disampaikan secara bertahap dan mengakibatkan pesan tersebut memiliki arti yang berbeda bagi setiap penerimanya. Sedangkan faktor eksternal bagaimana pengaruh dari luar dalam berkomunikasi. Penulis menyarankan kepada pihak sekolah khususnya kepada kepala sekolah agar membangun komunikasi yang baik demi tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Keywords


Manajemen, Komunikasi Organisasi, Dokumentasi dan Wawancara

Full Text:

PDF

References


Deddy, M. (2004).Komunikasi efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Edy, S. (2009).Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Hani, H. (2002). Manajemen edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Liliweri, A. (2014). Sosiologi komunikasi organisasi. Jakarta: Cahaya Prima Sentosa. Malayu, H. (2005). Organisasi & motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, A. (2011). Komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J, (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang. (2000). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution.(2003). Metodologi Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pace, W. & Faules, D, F. (2006). Komunikasi organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rudy, T, M, (2005). Komunikasi dan hubungan masyarakat internasional. Bandung: PT Retrika Aditama.

Soedjadi, F, X. (1995). O & M (Organization And Methods) penunjang berhasilnya proses manajemen. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.

Soefuddin, M. (1993).Organisasi dan Manajemen Industri ( Suatu Pengantar).

Yogyakarta: Liberty.

Sugiono.(2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sondang, P, S. (2006). Manajemen internasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yamin, H. (2009). Metodologi Penelitian pendidikan dan sosial kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: Komplek Kejaksaan Agung.

Hasan, N. (2009). Efektifitas Komunkasi Dalam Organisasi. Diakses dari https://www.google.co.id/search?rlz=1C1CHBD_enID773ID773&ei=2bSgWv38N InpvgTn9rHADw&q=efektifitas+komunikasi+dalam+organisasi

Mada, S. (2006). Membangun Komunikasi Efektif di Sekolah. Diakses dari https://www.google.co.id/search?q=jurnal+tentang+membangun+komunikasi+ yang+efektif

Hamidah. (2015). Hubungan Antara Tingkat Komunikasi Atasan Kepada Bawahan Dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. BEHAESTEK Bagian Desain R&D. Diakses dari https://www.google.co.id/search?q=hubungan+antara+komunikasi+tingkat+at asan+dengan+bawahan

Ahmad, S. (2012). Pengaruh Komunikasi Yang Efektip Dalam Organisasi. Diakseshttps://www.google.co.id/search?rlz=1C1CHBD_enID773ID773&ei=Y7qg WruqAsXTvwS6y72gBw&q=jurnal+tentang+komunikasi+yg+efektif+dalam+organis asi.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/moe.v6i2.5563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Management of Educatioan indexed by:

  

 

VISITORS: View My Stats 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License