PERSPEKTIF SOSIOLOGIS TERHADAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI KOTA SINGKAWANG

Authors

  • Sri Sudono Sudono Saliro Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i2.3214

Keywords:

Tolerance, Interfaith Collaboration, Singkawang City

Abstract

The purpose of this study is to analyze the religious tolerance among different communities in the city of Singkawang. It focuses on the forms of the tolerance as well as the supporting and challenging factors toward tolerance among religious people in the city. This is an empirical research in which it employs descriptive qualitative methods that were used to obtain data through observation and interviews. Among the results of the field research is a finding that in Singkawang City, inter-religious relationships have been facilitated by collaborated forums namely FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) and FKPELA (Forum Komunikasi Pemuda Lintas Agama). Special for FKPELA, this forum has been claimed as the only interfaith youth communication forums found in Indonesia. Among the supporting factors for the interfaith cooperations are the emotional ties and environmental condition. In this context, the community grows and develops in an environment surrounded by people of different religions. Regarding the challenging factors, it was found that the socio-political situation and traumatic memory of conflict in the city’s history could constitute as inhibiting factors.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa toleransi beragama di antara komunitas yang berbeda di kota Singkawang. Penelitian ini berfokus pada bentuk-bentuk toleransi, serta faktor pendukung dan penghambat toleransi antar umat beragama di kota ini. Penelitian ini bersifat empiris dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang digunakan untuk memperoleh data melalui observasi dan wawancara. Di antar hasil dari penelitian lapangan tersebut adalah temuan bahwa hubungan keagaman di kota Singkawang diafasilitasi dalam sebuah wadah kolaboratif yakni FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) dan FKPELA (Forum Komunikasi Pemuda Lintas Agama). Khusus FKPELA, lembaga ini diklaim sebagai satu-satunya forum komunikasi pemuda lintas agama yang ada di Indonesia. Di antara faktor pendukung toleransi dimaksud adalah ikatan emosional dan kondisi lingkungan. Dalam hal ini, masyarakatnya tumbuh dan berkembang di lingkungan yang dikelilingi oleh orang-orang yang berbeda agama. Di sisi lain, faktor sosial politik dan beban ingatan traumatis terkait konflik dalam sejarah masyarakat di kota ini menjadi faktor penghambat.

References

Abu Bakar. “Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragama.” TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama Vol.7 Juli-Desember (2015).

Abu Bakar HM, Mualimin, dan Nurliana. “Elit Agama dan Harmonisasi Sosial Di Palangka Raya.” Khazanah : Jurnal Studi Islam dan Humaniora Vol. 16 (2) (2018).

Agus Salim. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2001.

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Ghita Intan. “SETARA Institute: Singkawang, Kota Paling Toleran Se-Indonesia,” 2018.

Grim, Brian J., Roger Finke, Jaime Harris, Catherine Meyers, dan Julie VanEerden. “Measuring international socio-religious values and conflict by coding US State Department reports.” JMS Proceedings, AAPOR-Section on Survey Research Methods [CD-ROM]. Alexandria, VA: American Statistical Association, 2006, 4120–27.

H Noeng Muhadjir. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Positifistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphistik, telaah studi teks dan penelitian agama. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

Intan, Ghita. “SETARA Institute: Singkawang, Kota Paling Toleran Se-Indonesia.” VOA Indonesia, 2018. https://www.voaindonesia.com/a/setara-institute-singkawang-kota-paling-toleran-se-indonesia/4690956.html.

M Atho Mudzhar. Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Mun’im A Sirry. Fiqih Lintas Agama. Jakarta: Yayasan Wakaf Para Madina, 2003.

Ninis Chairunnisa. “Indeks Kota Toleran: Singkawang Tertinggi, Tanjung Balai Terendah,” 2018.

Nuryani, Titin, dan Ahmad Taufiq. “Peran Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Memelihara Toleransi Beragama Kota Salatiga Tahun 2018.” Journal of Politic and Government Studies 8, no. 03 (2019): 381–390.

Rehayati, Rina. “KERUKUNAN HORIZONTAL (Mengembangkan Potensi Positif dalam Beragama).” Toleransi 1, no. 1 (2009): 55–64.

Ridwan Lubis. Cetak Biru Peran Agama. Jakarta: Puslitbang, 2005.

SETARA Institute. “Ringkasan Eksekutif Indeks Kota Toleran Tahun 2018,” 2018.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi: suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Sutrisno Hadi. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Zakiyuddin Bhaidawy. Dialog Global dan Masa Depan Agama. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2001.

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Saliro, S. S. S. (2019). PERSPEKTIF SOSIOLOGIS TERHADAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI KOTA SINGKAWANG. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(2), 283–296. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i2.3214

Issue

Section

Articles