DINAMIKA KURIKULUM PONDOK PESANTREN (Studi Tiga Pondok Pesantren Tertua di Kalimantan Selatan)

Authors

  • Mahyuddin Mahyuddin Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i2.3164

Keywords:

Dinamika kurikulum, kurikulum pondok, Pesantren Rakha, Pesantren Ibnul Amin, Pesantren Darussalam

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan yang bercirikan grass roots, pesantren selalu berupaya menyesuaikan misinya dengan kebutuhan dan dinamika perkembangan masyarakat sekitamya, termasuk dalam menyesuaikan dengan perkembangan sistem pendidikan modem. Dalam merespon sistem pendidikan modem. pesantren sedikitnya melakukan dua cara, yaitu merevisi kurikulumnya dengan memasukkan lebih banyak mata pelajaran umum atau bahkan kepentingan umum, dan merevisi kelembagaan dan fasilitas-fasilitas pendidikan bagi kepentingannya dan baik kepentingan pendidikan umum, termamsuk sistem kurikulum. Perubahan sistem dan kurikulum di pesantren tidak terlepas dan ide dan gagasan dari kyai. Hasil penelitian ini mencoba menggambarkan dinamika kurikulum di tiga pondok pesantren tertua di Kalimantan Selatan, yaitu PP Rasyidiyah Khalidiyah, PP lbnul Amin, dan PP Darussalam

References

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2002.

Buseri, Kamrani. Gagasan Tentang Pendidikan di Kalangan Orang Banjar dan Penerapannya pada Tiga Lembaga Pendidikan Swasta Agama, laporan penelitian, Banjarmasin, IAIN Antasari, 1986.

Dahlan, Muhammad Abrar. Biograf, Singkac K.H. Mahfuz Amin dan Sejarah Pondok Pesantren "Ibnul Amin" Pemangkih, Pamangkih, t. p. 1997.

Gage N.L. Handbook ofResearch on Teaching, Chicago, Rand Mc Nally, 1964.

Hasan, H. Evaluasi Kunkulum. Jakarta, Oepdikbud Dikti, PPLPTK, 1988.

Hasyim, M. Yusuf. "Peranan dan Potensi Pesantren dalam Pembangunan", dalam Wofgang Karcher dkk. (peny.) Dinamika Pesaturen, Jakarta, P3M. 1988.

Kanwil Deppen, Pondok Pesantren "Rasyidiyah Khalidiyah" Amuntai Kalimantan Selatan, Popenda Kalsel, Banjarbaru, 1984/1985.

Madjid, Noercholish. Bilik-Biliki Pesancren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta, Paramadina, 1997.

Mas'ud, Abdurrahman. Sejarah dan Budaya Pesantren, Makalah, 2002.

Mc. Neil, Curriculum A Comprehensive Introduction, (New York: Harper Collins Publisher, 1990.

Muhyiddin, Abdul Muthallib (ed.), 50 Tahun Perguruan Islam Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai Kalimantan Selatan (1922-1972), Banjarmasin, Percetakan Murni, 1972.

Nasution, S. Azas-Azas Kurikulum, Bandung, Jemmars, 1982. Nasution, S. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Tarsito, 1988.

Oliva, P. Developing the Curriculum, 3th Ed., United States, Harper Collin Publishers, 1992.

Sabda, Syaifuddin. Tipologi Konsep Kurikulum Pesantren di Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari, 2002. Saylor, et.al. Curriculum Planning for Better Teaching and Learning, 41h Ed., Tokyo, Holt-Saunders Japan, 1981.

Sindhunata dan Semiawan, Conny R, (ed.), Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita Mencari Kurikulum Pendidikan Abad XXI, Yogyakarta, Kanisius, 2000.

Syaodih, Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung, Rosdakarya, 1997.

Tim Penelitian IAIN Antasari, Aspirasi Pendidikan Masyarakat Banjar dan Kebijakan Lembaga Pendidikan Islam Swasta di Kalimantan Selatan, laporan penelitian, Banjarmasin, IAIN Antasari, 1988.

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi Ttg Hidup Kyai, Jakarta, LP3ES. 1994.

How to Cite

Mahyuddin, M. (2019). DINAMIKA KURIKULUM PONDOK PESANTREN (Studi Tiga Pondok Pesantren Tertua di Kalimantan Selatan). Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 3(2), 119–150. https://doi.org/10.18592/khazanah.v3i2.3164

Issue

Section

Articles