RIDHA DALAM PERSPEKTIF SUFI: (Perkembangan dan Pergeseran Maknanya)

Authors

  • Mulyani Mulyani dosen tetap Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/khazanah.v7i2.3041

Keywords:

Ridha, Maqamat, Ahwal

Abstract

Setiap bagian dari konsep ajaran Islam selain memiliki basis normatifnya dari teks keagamaan atau nash, baik Alquran maupun hadis, juga memiliki aspek historis atau kesejarahan dalam pengertian bahwa ajaran wahyu dijabarkan atau dijelaskan oleh para tokoh Islam yang berkembang dalam proses sejarahnya yang panjang. Aspek kesejarahan ini –karena menyangkut pemahaman, tafsiran, penjabaran oleh manusia karena sifatnya sebagai bagian dari produk kesejarahan– mengalami pergeseran dan perbedaan pemahaman antartokoh. Ini juga terjadi pada setiap konsep ajaran para sufi, termasuk konsep ridha, meskipun masing-masing tokoh mengklaim bahwa pemahaman sufistiknya tentang ridha ditarik dari pemahaman dari kitab suci dan hadits. Berikut dikemukakan uraian perkembangan konsep ridha di kalangan tokoh-tokoh tasawuf, terjadinya pergeseran konsep tersebut, latar belakang terjadi perbedaan pemahaman tersebut.

References

A. J. Arberry, dalam The Doctrine of the Sufis, terjemah bahasa Inggris dari karya al-Kalabadzi, at-Ta’arruf li Madzhab Ahl at-Tashawwuf, diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Rahmani Astuti, Bandung, Mizan, 1993.

al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya` ‘Ulum ad-Din, Mesir, Isa al-Babi al-Halabi wa Syuraka`ih, t.th., juz IV.

Al-Jili, al-Insan al-Kamil fi Ma’rifat al-Awakhir wa al-`Awa`il, Beirut, Dar al-Fikr, t.th., juz II.

al-Qusyairi, Abu al-Qasim ‘Abd al-Karim bin Hawazin, ar- Risalat al-Qusyairiyyah fi ‘Ilm at-Tashawwuf, Beirut, Dar al-Khayr, t.th.

Asmaran As., Pengantar Studi Tashawuf, Jakarta, Rajawali Press, 1994.

ath-Thusi, Abu Nashr as-Sarraj, al-Luma’ fi ‘Ilm at-Tashawwuf, terjemah Wasmuka dan Samson Rahman, Surabaya, Risalah Gusti, 2002.

Nasution, Harun, Falsafat dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta, Bulan Bintang, 1995.

Schimmel, Annemarie, Mystical Dimensions of Islam, Chapel Hill, The University of Carolina Press, 1975.

Simuh, Tasawuf dan Perkembangannya dalam Islam, Jakarta, Rajawali Press, 1997.

Published

2009-08-19

How to Cite

Mulyani, M. (2009). RIDHA DALAM PERSPEKTIF SUFI: (Perkembangan dan Pergeseran Maknanya). Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 7(2), 231–268. https://doi.org/10.18592/khazanah.v7i2.3041

Issue

Section

Articles