Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Teams Assisted Individualized (TAI)

Authors

  • Sutiningsih Sutiningsih SMAN 1 Anjir Muara

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v8i1.4465

Keywords:

motivasi, belajar matematika, model pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI)

Abstract

Pembelajaran matematika di SMA Negeri I Rantau Badauh pada kelas X2 masih sering dijumpai sikap siswa yang sebagian besar kurang antusias ketika pelajaran akan berlangsung, rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru serta pemusatan perhatian terhadap pelajaran yang kurang. Hampir semua siswa pasif, mereka tidak berani berbicara tentang apa yang sudah dan belum diketahui, konsep-konsep yang dimiliki siswa benar atau salah sulit diketahui guru, meskipun guru telah berusaha menjelaskan materi dengan jelas. Untuk itulah maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) tentang motivasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI), di samping itu juga mengetahui sejauh mana tanggapan siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan dengan dua siklus, melalui tahap-tahap: perencanaan, tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Motivasi belajar matematika siswa diukur dengan angket.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah motivasi belajar matematika siswa secara umum mengalami kenaikan yang dari awalnya sebanyak 98,61% siswa menjadi sebanyak 99,30% siswa di kelas X2 mempunyai motivasi yang paling rendah dengan kriteria cukup baik. Hal ini menurut analisis peneliti dikarenakan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Penerapan pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI) dapat meningkatkat hasil belajar matematika siswa. Hasil tes yang dilaksanakan pada setiap siklus mengalami kenaikan, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 68,68, pada siklus II nilai rata-rata sebesar 73,77.

References

Alderman, M.K. (2004). Motivation for achievement possibilities for teaching and learning. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.

Arends, R.I. (2008). Learning to teach: belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjcipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: Routledge. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).

Depdiknas. (2006). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Kelulusan.Depdiknas. (2007). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Psikologi suatu Pengantar. Jakarta. Dirjen Dikti P2LPTK.

Haryono, Moh.. (2007). Penggunaan Variasi Metode Belajar untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika. Widyatama, Vol. 4.

Hari Purnomo Susanto. (2011). Keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas bilingual ditinjau dari prestasi belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel di SMP Kelas VIII. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Cooperative learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Muijs, D., Reynolds , D. (2005). Effective teaching evidence and practice (2 nd ed). Thousand Oaks: SAGE Publication.

Orton, A. (2004). Learning mathematics: issues, theory and classroom practice. New York: British Library Cataloguing.

Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative learning: theory, research, and practice (2nd ed). Boston: Allyn & Bacon.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistika Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta

Sumanto, Wasty. (1984). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Yogya. Yayasan Paramita.

Sutikno, Sobry. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Bandung. NTP Press.

Tella, A. (2007). The impact of motivation on student’s academic achievement and learning outcomes in mathematics among secondary school students in nigeria. Eurasia journal of mathematics, science & technology education, 149-156. Diambil pada tanggal tanggal 14 Nopember 2011 pada http://www.ejmste.com/v3n2/EJMSTE_v3n2_Tella.pdf

Trianto, Drs. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya. Prestasi Pustaka.

Winkel, W.S. (1991). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. PT. Gramedia.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles