Problematika Siswa Difabel Rungu dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Inklusi

Authors

  • Shafa Ridha S. A. UIN Sunan Kalijaga
  • Muhamad Ngasimurrohman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Riyana Ulfaini UIN Sunan Kalijaga
  • Aulia Ekarini UIN Sunan Kalijaga
  • Ibrahim Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v7i1.3619

Keywords:

Problematika, difabel rungu, masyarakat, matematika

Abstract

Manusia  adalah  mahluk  ciptaan  Tuhan  yang  paling  sepesial  begitupun Tuli  karena  pada  hakekatnya  manusia  pada  umumnya  dan  tuli khususnya  merupakan  mahluk  yang  penuh  dengan  dinamika. Pada dasarnya individu Tuli atau Difabel rungu sama  dengan  individu  berpendengaran  normal  pada  umumnya,  di mana mereka juga memerlukan kebutuhan akan kasih sayang, adanya rasa aman,  pengakuan  akan  harga  diri,  serta  kebutuhan  akan  pendidikan. Penelitian ini membahas tentang problematika Difabel rungu dalam masyarakat serta dalam pendidikan terutama dalam mata pelajaran matematika di sekolah inklusi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data berupa wawancara terhadap Siswa dan Guru mata pelajaran. Kehilangan  pendengaran  akan  menyebabkan  miskinnya  kebahasaan yang dimiliki oleh individu tuli sehingga akan menghambat komunikasi individu difabel secara nyata. Akibatnya individu ini akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, terutama dalam hal menyesuaikan diri dengan kondisi yang belum lazim dialaminya. Dalam bersosial mereka agak malu dan kadang sering diam menyendiri. Mereka berbahasa dengan bahasa isyarat yang menggunakan gerakan tangan dan mimik wajah. Difabel rungu mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika seperti halnya banyaknya bilangan. Hal itu dikatakan wajar karena yang normalpun tetap merasa kesulitan.

Author Biography

Muhamad Ngasimurrohman, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Anjarsari, Agnes Fitri dan Yuliati. 2017. “Model Kooperatif Tipe Tps Terhadap Hasil Belajar Konsep Perkalian Bilangan Cacah Matematika Anak Difabelrungu”. Dalam Jurnal Pendidikan Inklusi ,Vol. 1 No. 1. Surabaya : Uniersitas Negeri Surabaya.

Baharun, hasan dan Robiatul Awwaliyah. 2018.” Pendidikan Inklusi Bagi AnakBerkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam”. Dalam Modeling: Jurnal Program Study PGMI. Volume 5, Nomor 1, Maret. Probolinggo: Universitas Nurul Jadid Paiton.

Harthanti, Dewita, Linda Kusuma Tani dan Huldiya Syamsiar. 2015.” Strategi Pemberdayaan Masyarakat Inklusi Berbasis Ketahanan Sosial”. Dalam Jurnal EducatiO. Vol. 10 No. 1, Juni. Lombok Timur: Pendidikan Sosiologi STKIP Hamzanwadi Selong.

Lestari, Dwi Sri. 2016. “Penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Tuli”. Dalam INKLUSI: Journal of Disability Studies. Vol. 3, No. 1, Januari-Juni. Yogyakarta: SD Budi Mulia Dua.

Noormiyanto, Faiz. 2015. “Pengaruh Kredibilitas Volunteer Dan Motivasi Belajar Difabelrungu Terhadap Komunikasi Difabelrungu Dalam Perilaku Sosial Di Masyarakat “. Dalam repository.upi.edu Universitas Pendidikan Indonesia.

Poerwanti, Sari Dewi. 2017. “Pengelolaan Tenaga Kerja Difabel untuk MewujudkanWorkplace Inclusion”. Dalam INKLUSI: Journal of Disability Studies. Vol. 4, No. 1, Januari-Juni. Surabaya: Universitas Wijaya Kusuma.

Setyowati, Liling Kristin. 2014. “Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematka Di Kelas Inklusi ”. Dalam Naskah Publikasi. Surakarta : Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tirtayani, Luh Ayu. 2017. “Upaya Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Lembaga-Lembaga Paud Di Singaraja, Bali ”. Dalam Jurnal Proyeksi, Vol.12 (2) . Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Widinarsih, Dini. 2018.” Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Perkembangan Istilah Dan Definisi”. Dalam Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jilid 20, Nomor 2, Oktober.

Zuhra, Fitriani. 2017. “Pembelajaran Matematika Di Kelas Inklusi (Studi Kasus Pada Sekolah Inklusi, Kelas Iv Sdn 20 Mataram) ” . Dalam Skripsi. Mataram: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles