Pengembangan Kofagra Sebagai Media Pembelajaran untuk Materi Persamaan dan Fungsi Grafik

Authors

  • Dedeh Ramadhatun Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.18592/jpm.v8i1.3426

Keywords:

Kofagra, Persamaan, Fungsi Grafik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan media pembelajaran matematika (Kofagra) pada materi Persamaan dan fungsi kuadrat yang diharapkan dapat memfalisitasi pembelajaran matematika kelas IX SMP semester I. Media pembelajaran berupa alat peraga ini dibuat berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap kompetensi matematika yang seharusnya dimilik siswa kelas IX SMP. Alat pengumpulan data diperoleh dari guru sekolah dan siswa yang berupa angket pertanyaan. Jenis penelitian ini diadaptasi dari Model Pengembangan Instruksional (MPI) M. Atwi Suparman yang mempunyai beberapa langkah, yaitu : mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan instruksional, melakukan analisis intruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa, menulis tujuan instruksional khusus, menyusun alat penilaian hasil belajar, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, melaksanakan evaluasi formatif. Dari penelitian ini dihasilkan suatu bahan ajar berbentuk alat peraga berbentuk koper yang sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP pada semester I.

References

Lestari, Witri dan Sherly Handayani, Pengembangan Modul Matematika Berbasis Matematika realistik Untuk Kelas VII SMP Semester I. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4 , Nomor 1 , 51-60.

Aulia Rahman, Rahman dan Yuli Amalia, Pengembangan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Melatih Pemahaman Konsep SIswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 9 , Nomor 2, 91-100.

Downloads

Published

2021-06-17

Issue

Section

Articles