Negara Syariah Indonesia (Tinjauan Pemikiran Arskal Salim Tentang Konsep Negara Syariah)

Authors

  • Muhamad Rahmani Abduh UIN Antasari Banjarmasin
  • Rahmat Sholihin UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/jils.v5i3.4534

Keywords:

Ummah, Khalifah, Syariah

Abstract

AbstrakRealitas bahwa Indonesia adalah negara hukum sekaligus negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, seringkali memunculkan upaya untuk “mengislamkan” hukum di Indonesia yang memicu pertentangan dan perdebatan antara konsep negara Islam dengan negara bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah sistem hukum dan bentuk negara Indonesia sudah sesuai dengan konsep negara syariah dari Arskal Salim yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Challenging the Secular State: The Islamization of Law in Modern Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem hukum di Indonesia tergolong syariah, namun desonansi harus dihindari dengan benar-benar membedakan antara syariah (nizamul ilahiyyat), fiqih (nizamul insaniyyat), serta aspek keadilan dan aspek legitimasi dari suatu peraturan. Konsep politik negara syariah yang terdiri dari ummah (komunitas), khalifah (umara), dan syariah (ulama) telah dipenuhi oleh Indonesia. Di mana di indonesia, antara agama dan negara dipisahkan namun tetap saling berhubungan, di mana Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan agama (ummah) dipimpin oleh presiden (khalifah/umara) sebagai pemegang pemerintahan dan MUI/Majelis Ulama Indonesia (ulama)  mengurusi masalah agama.

Author Biographies

Muhamad Rahmani Abduh, UIN Antasari Banjarmasin

mahasiswa magister hukukm ekonomi syariah pascasarjan UIN Antasari Banjarmasin

Rahmat Sholihin, UIN Antasari Banjarmasin

Dosen Fakultas Syariah

References

Buku

Mas’ud, A. Negara Bangsa Versus Negara Syariah, Yogyakarta: Gama Media, 2006.

Salim, A. Challenging the Secular State: The Islamization of Law in Modern Indonesia, Honolulu: University of Hawai’i Press, 2008.

Jurnal

Al-Amin, M. N. dan Nurjidin. “Hubungan Negara-Ummah dalam Hukum Indonesia dan Islam”, Jurnal Ulumuddin, Vol. 7 No. 2, 2017.

Amin, M. “Disparitas Islam Indonesia: Antara Negara Islam dan Negara Bangsa”, Al-Daulah: Jurnal Hukum dan Perundangan Islam, Vol. 1 No. 1, 2011.

Adhanto, O. “Khilafah dalam Sistem Pemerintahan Islam”, Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Vol. 1 No. 1, 2011.

Diana, R. “Al-Mawardi dan Konsep Kenegaraan dalam Islam”, Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 13 No. 1, 2017.

Faza, A. M. “Al-Ummah dan Al-Qawm dalam Perspektif Al-Qur’an”, Jurnal Ibn Abbas, Vol. 1 No. 1, 2019.

Ghazali, M. B. “Epistemologi Al-Ghazali”, Al-Qalam, Vol. XVIII No. 90-91, 2001.

Helmi, Z. “Konsep Khalifah fil Ardhi dalam Perspektif Filsafat: Kajian Eksistensi Manusia sebagai Khalifah”, Intizar, Vol. 24 No. 1, 2018.

Khashogi, L. R. “Konsep Ummah dalam Piagam Madinah”, In Right: Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia, Vol. 2 No. 1, 2012.

Mustaghfirin, H. “Sistem Hukum Barat, Sistem Hukum Adat, dan Sistem Hukum Islam Menuju Sebagai Sistem Hukum Nasional Sebuah Ide yang Harmoni”, Jurnal Dinamika Hukum, Vol. 2 No. 2, 2008.

Nurhayati. ”Memahami Konsep Syariah, Fiqih, Hukum dan Ushul Fiqih”, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 2 No. 2, _______

Ridwan, MK. “Penafsiran Pancasila dalam Perspektif Islam: Peta Konsep Integrasi”, Dialogia: Jurnal Studi Islam dan Sosial, Vol. 15 No. 2, 2017.

Salim, A. review of “Challenging the Secular State: The Islamization of Law in Modern Indonesia”, by Scott, R. M. Journal of the American Academy of Religion, Vol. 77, 2009.

Usman, A. H. “Kesadaran Hukum Masyarakat dan Pemerintah Sebagai Faktor Tegaknya Negara Hukum di Indonesia”, Jurnal Wawasan Hukum, Vol. 30 No. 1, 2004.

Windisukma, D. K. dan Widiyanto, I. “Sikap Masyarakat Muslim terhadap Produk Makanan Non-Halal di Kota Semarang”, Diponegoro: Journal of Management, Vol. 4 No. 2, 2015.

Downloads

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles