KEMAMPUAN DOSEN MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATA KULIAH BIOLOGI DASAR DI UIN ANTASARI

Authors

  • Sari Indriyani

DOI:

https://doi.org/10.18592/jils.v1i1.2656

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjabarkan atau mendeskripsikan kemampuan dosen dalam menerapkan keterampilan bertanya baik itu keterampilan bertanya dasar ataupun keterampilan bertanya lanjutan pada mata kuliah biologi dasar di Uin Antasari Banjarmasin. Adapun teknik dalam pengumpulan data meggunakan teknik observasi dan wawancara peneliti terhadap dosen yang bersangkutan. Objek pada penelitian ini adalah dosen biologi yng mengajar biologi dasar. Sedangkan analisis data akan direduksi, disajikan data dan diambil keputusan serta diverifikasi. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosen biologi dalam menerapkan keterampilan bertanya sudah menunjukkan kategori baik, cukup baik dalam kategori bertanya lanjutan karena sebagian besar sudah tersampaikan dan beberapa masih ada yang belum dilakukan dikarenakan dosen masih belum menguasai komponen keterampilan bertanya lanjutan secara optimal, juga mahasiswa kurang aktif dalam menggapi pertanyaan yang diajukan oleh dosen dan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: Keterampilan bertanya dosen pada mata kuliah biologi dasar AbstractThis research is a quantitative research that aims to report or describe the ability of the lecturers in terms of skills to ask about the skills proposed to participants at Uin Antasari Banjarmasin. While the technique in collecting data uses observation techniques and interview researchers to the lecturers they have. The object of this study is a biology lecturer who teaches basic biology. While the data analysis will be reduced, data will be presented and decisions will also be taken. While the results of this study indicate the fact that the research conducted has questioned the good category, quite well in the advanced questioning category most have already been conveyed and some still have not been done related to the instructor still not mastering the components that ask for optimal methods, also students are less active questions submitted by the lecturer and limited time in the learning process.Keywords: Skills to ask lecturers in basic biology courses

References

DAFTAR PUSTAKA

Asmira. 2015. Analisis Ketrampilan Bertanya oleh Guru Mata Pelajaran Sosiologi pada kelas X Mas Khulafaur Rsyidin. Jurnal Pendidikan Prodi Sosiologi FKIP Untan.

Cooper, Donald R., & Schindler, Pamela S. 2011. Business research methods (11th ed.). New York: Mc GrawHill

Halimah, Leli. 2017. Keterampilan Mengajar sebagai Inspiransi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad Ke-21.PTRefika Aditama:Bandung

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Taufik, Ramadhani dkk. 2013. Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Junal pendidikan. Prodi Pendidikan Sosiologi. Universitas Tanjungpura.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT Fajar Interpratama: Jakarta.

Yamin. Moh. 2015. Teori dan metode pembelajaran. Madani:Malang

Zahra, Labiba dkk. 2016. Studi Deskriptif Keterampilan Bertanya Guru pada Proses Pembelajaran Matematika ditinjau dari Pengalaman Mengajar di SMA Taman Madya Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Matematika dan Pnedidikan Matematika. Prodi Magister Pendidikan Matematika, FKIP Ubniversitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Published

2019-04-12

Issue

Section

Articles