PERUMPAMAAN KESATUAN DAN PERSATUAN DALAM QUR’AN (Analisis Q.S IBRAHIM:24 AL MU’MINUN: 52 ALI IMRAN:103 DALAM BINGKAI HUKUM TATA NEGARA)

Authors

  • Endang Pristiwati Prodi HTn Fakultas Syariah UIN Antasari
  • Sonia Haira Rahma Prodi HTn Fakultas Syariah UIN Antasari
  • Laila Munada Prodi HTn Fakultas Syariah UIN Antasari

DOI:

https://doi.org/10.18592/jils.v1i1.2550

Abstract

Abstract :This paper discusses about the content of QS Ibrahim v:24 whichget down about the parable, QS. Mukminun v:52 which discusses about tauhid (Monotheism), and QS. Ali Imran v:103 which disscusses about unitary and unity. By Using Tafseer (Islamic interpretation for knowing of Quran and Sunnah) Al-Qurthubi, TafseerIbnuKatsir, and Al-Misbah as the reference. Data which is used for making this paper is primary and secondary data in which primary data is taken source of Quran and secondary data can be from other sources whom related by other cases. This research is done by interpretation method by comparation technique among different verses of Quran either concerning editorial of sentences that having difference but in the same case, and the ideas of moslem scholar on their interpretation. This research is also concerning to know explanation, digging and understanding the divisions and verses which contain in Quran that related to constitutional law. Based on this research, it shows that in QS Ibrahim v:24 contains good words, that if anyone do the worse deed, so it will be happened on to people. QS Mukminun v:52 contains Tauhid (monotheism) that it is related with Pancasila, and QS Ali Imrah v:103 contains meaning of unitary and unity, that is the importance for keeping unitary and unity in order to our nation will never destroyed by enemy.Abstrak:Makalah ini membahas tentang konten QS. Ibrahim ayat 24 yang membahas tentang perumpamaan, QS. Mu’minun ayat 52 yang membahas tentang tauhid, dan QS. Ali Imran ayat 103 yang membahas tetang persatuan dan kesatuan. Dengan menggunakan Tafsir al-Qurtubi, tafsir Ibnu Katsir, dan Al-Misbah sebagai sumber rujukan. Data yang digunakan untuk membuat makalah ini adalah data primer dan sekunder. Dimana data primer bersumber dari Al-Qur’an, dan datasekunder bersumber dari sumber lain  yang berkaitan dengan masalah lain. Penelitian ini dilakukan dengan metode penafsiran melalui teknik membandingkan antara ayat-ayat al-Qur’an yang berbeda, maupun mengenai redaksi kalimat  yang berbeda tetapi dengan kasus yang sama, dan pendapat-pendapat para ulama dalam menafsirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterangan, menggali dan memahami surah-surah  dan ayat  yang ada dalam  Al-qur’an yang berkaitan dengan Siyasah.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam QS. Ibrahim ayat 24 mengandung kata-kata yang baik yaitu apabila seorang melakukan hal yang busuk kepada rakyat, maka rakyat pun ikut membusuk, QS. Mu’minun ayat 52 mengandung tentang tauhid yaitu bahwa tauhid itu berhubungan dengan Pancasila, dan QS. Ali Imran ayat 103 mengandung arti persatuan dan kesatuan yaitu pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan agar bangsa kita tidak dihancurkan oleh musuh.

References

DAFTAR PUSTAKA

Dr. Abdullah bin Muhammad Alu Syaikh. Tafsir Ibnu Katsir. Imam Asy-Syafi'i.

Syaikh Imam Al Qurthubi, Tafsir Al Qurthubi , Islam Rahmatan

A SYAEFUDIN, KAJIAN TEORI, 2016

M. Quraish Shihab, Tafsir Al Mishbah Jilid. Lentera Hati.

JURNAL TARBIYAH, Vol. XXIV, No. 1, Januari-Juni 2017

Gulam Reza Sultani, hati yang bersih:Kunci ketenangan Jiwa, (Jakarta: Zahra,2006),.

Teuku Saifyl Bahri Johan, Hukum tata negara dan hukum administrasi negara dalam tataran reformsi ketatanegaraan Indonesia

Shahih Bukhari, kitab “al-I’tisaham”, bab “firman Allah SWT

Imam Sarkhasi al-Hanafi, syarh ar-sayr al-Kabir,I,

Fath al-bar,

As-Suyuti, Zahr ar-Riba ala’l-Mujtabi,

Downloads

Published

2019-03-10

Issue

Section

Articles