Nasikh Dan Mansukh Alquran Menurut dr. Hamka

Authors

  • Ruslan Ruslan Fakultas Syariah

DOI:

https://doi.org/10.18592/jils.v3i2.3085

Abstract

 AbstractIs there in the Qur'an nasakh (removed the law of sharak). Ulama differ on this matter. Differences of opinion about two things: first for scholars who say there are scriptures because there are several verses that can be made basic and both facts there are several verses of the Qur'an that are difficult to change must accept the concept of nasakh. For the modern, there is no contradiction in the Koran. There is no proposition that can be used as the basis of the text and if there is a verse that seems difficult to understand, then it must be studied because of its descent, takhshis, sociolinguistics, guidance, and rationality so that our hearts will be peaceful.Keywords: naskh, nasikh and mansukh AbstrakApakah dalam Alquran ada nasakh (penghapusan hukum syarak). Ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Perbedaan pendapat tsb disebabkan dua hal: pertama bagi ulama yang menyatakan ada nasakh karena ada beberapa ayat yang dapat dijadikan dasar  dan kedua faktanya ada beberapa ayat Alquran yang sulit dipahami kecuali harus menerima konsep nasakh. Bagi ulama  yang modern menyatakan Alquran tidak ada yang kontradiksi . Tidak ada dalil yang bisa dijadikan dasar adanya nasakh  dan kalau ada ayat yang kelihatannya sukar dipaham, maka harus dikaji sebab turunnya, takhshis, sosiolinguistiknya, petunjuknya, dan rasionalitasnya maka hati kita akan damai. Kata-kata kunci: naskh, nasikh dan mansukh

References

DAFTAR BACAAN

Djalal H.A, Abdul, Urgensi Tafsir Maudlu’i pada Masa Kini (Jakarta: Kalam Mulia, 1990

al-Farm±w³, ‘Abd al-¦ayy al-Bidayah fî Tafsir al-Mawdhu’î Dirasatan Manhajiyyah Mawiyyah.Cet. II tp. 1397 H/1977 M.

Federsphiel, Howard M. terjemahan: Tajul Arifin, Kajian Al-Quran di Indonesia, Bandung: Mizan, 1996

Ghazali, Al- Jawahir al-Qur’an, Kurdistan: Kurdistan al-Ilmiyyah, 1329 H

Ibn Hazm, al-Nasikh wa al-Mans¬kh fi al-Qur’an al-Kariim, Beirut: D±r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1406), Juz I hlm. 24

Hafidzi, Anwar. “Penolakan Nasab Anak Li’an Dan Dhihar Dengan Ta’liq (Analisis Komparatif Naskah Kitab Fiqh al-Islam Wa Adillatuhu Dengan al-Mughni).” Ulul Albab: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam 1, no. 2 (2018): 77–94.

———. “Prasyarat Poligami Dalam Kitab Fiqih Islam Dan Kompilasi Hukum Islam Perspektif Maslahah Mursalah.” Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam 7, no. 2 (2017): 366–392.

Hafidzi, Anwar, and Safruddin Safruddin. “Konsep Hukum Tentang Radha’ah Dalam Penentuan Nasab.” Khazanah 13, no. 2 (2017): 283–317.

al-Jabiri, ‘Abd al-Mut±’al, La Naskha fi al-Qur’an, Mesir: Maktabah Nahdhah: 1400 H /1980 M

Makdisi, George A. Cita Humanisme Islam, Terj. A. Syamsu Rizal dan Nur Hidayat, dari buku The Rise of Humanism in The Clasical Islam and The Chtistian West, Jakarta: Serambi Ummah, 1990

Muhammad ‘Aly al-Sayis, Tafsir ayat al-Ahkam, Juz I, (Mesir: Maktabah al-‘Asariyah, 2002)

Mu¥ammad 'Abd All±h Darr±z, al-Nab±u al- 'A§³m Na§ar±tun Jaddatun fi al-Qur'an, Kuwait: D±r al-Qalam, 1390

Ridha, Muhammad Rasyid. al-Tafsir al-Man±r, Juz II Beirut: D±r al-Fikr, 1965

Syirbashi, Ahmad Asy Sejarah Tafsir Quran, Tim Pustaka Firdaus, 1985

Shihab, M. Quraish, Membumikan Alquran, Bandung: Mizan, 1998

Qurthub³, Syamsuddin, al- al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, Juz V Mesir: Dar al-kutub, 1964

Downloads

Published

2019-07-02

Issue

Section

Articles