Pengaturan Rujuk Di Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam Dan Singapura

Authors

  • Mariani Mariani

DOI:

https://doi.org/10.18592/jils.v6i1.6825

Keywords:

Pengaturan, Rujuk, Indonesia.

Abstract

Abstract: A period in which the divorce happens at a legal marriage where a husband makes an approach  to his ex-wife to make relationship as a couple of marriage (husband and wife) before her iddah period, in Islam, is called “Rujuk” (reconciliation). It can be done by a husband to his ex-wife if in period of first or second divorce. In the life of Indonesian government, rujuk is regulated and protected by Indonesian regulation, that is, UU No. 32/ 1954. Besides, it is regulated in Inpres No. 1/ 1991 Chapter XVIII Article 163-169 KHI. So in Malaysia, Brunei Darussalam, and Singapore, each has its own regulation. The method used in this research is qualitative method. It is found that the regulation of reconciliation (rujuk) in Southeast Asia, especially, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, and Singapore has similarity in following fiqh madzhab, namely, Syafi’i madzhab. This research also discusses the definition of rujuk according to fuqaha, implementation of rujuk according to Islamic law, rujuk in positif law in Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, and Singapore Abstrak: Fase di mana terjadi perceraian pada sebuah perkawinan yang sah dan suami mendekati kembali kepada mantan isterinya untuk menjalin hubungan sebagai pasangan suami isteri sebelum masa iddahnya , dalam konsep agama disebut “Rujuk”, ini bisa dilaksanakan  oleh suami kepada isterinya , apabila masih posisi talak satu atau talak  dua,. Dalam kehidupan bernegara di Indonesia rujuk  diatur dan dilindungi oleh perundang-undangan RI, yaitu Undang-undang No. 32 Tahun 1954, selain itu rujuk juga diatur dalam Instruksi Presiden No 1 Tahun 1991 Bab XVIII dalam pasal 163 sampai dengan pasal 169 KHI, begitu juga di Negara Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapura.msing masing memiliki aturan tersendiri. .Metode yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu metode  deskriptif kualitatif, sehingga didapatkan hasil riset berupa Pengaturan rujuk  di negara Asia Tenggara khususnya Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapura memiliki kesamaan dalam penggunaan madzhab yaitu madzhab Syafi’i  Dalam Jurnal ini juga membahas terkait pengertian rujuk menurut para ahli fiqh, teknis pelaksanaan rujuk menurut hukum Islam, Rujuk Dalam Hukum Positif, Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapura

References

Ali, Zainuddin Hukum Perdata Islam di Indonesia, .Jakarta: Media Grafika, 2006.

Aqmal, Shahril Komparasi Kompilasi Hukum Islam dan Ordinan Undang-undang Keluarga Islam Negeri Sarawak Tahun 2001 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Rujuk, “ Skripsi .Surabaya: Fakultas Syari’ah dan Hukum Perdata Islam Prodi Hukum Keluarga UIN Sunan Ampel, 2018.

Ali As’ad, Fathul Mu’in, (Yogyakarta: Menara Kudus, 1996),

Amir Syarifuddin, Hukum Perkawinan Islam di Indonesia antara Munakahat dan Undang-

Perkawinan, (Jakarta: Kencana, 2006), 341

Abdurrahman Al Jaziri , Al Fiqh Ala Madzhab al Arbaah.

Cahyani, Intan “Hukum Keluarga Islam di Brunei Darussalam”, Jurnal Al-Qadau. Vol. 2.

No, 2. 2015.

Djaman Nur, Fiqh Munakahat, , Bengkulu, Bina Utama Semarang, 1993,

Departemen Agama, Kompilasi Hukum Islam, Jakarta: Departemen Agama, 2000.

Faisal . Sanapiah, format Format Penelitian Sosial, Jakarta, Rajawali Press, 1992,

Hukum Perdata Islam Prodi Hukum Keluarga UIN Sunan Ampel, 2018),

Mahfud Salimi dan Sohari , Hadist Ahkam II” Hadis Hadis Hukum (Cilegon: LPIbek,2008)

Oktari, Rena “Efektifitas Pelaksanaan Pasal 167 KHI Tentang Tata Cara Rujuk.Studi di

kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur.

Singapore Legal Advice.com , “Talak in a Muslim Disvorce in Singapore (and Its Effects)”

dalam Https::/Singaporelegaladvice.com/law-articles/talak-Muslim-disvorce- singapore-effects/. Di akses pada 10 April 2022.

Tafsir Web, Surah Al-Baqarah Ayat 228 dalam https://tafsirweb.com/869-surat-al-baqarah- ayat- 228.html di akses pada 9 April 2022.

Downloads

Published

2022-06-22

Issue

Section

Articles