Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Bimbingan dan Konseling Belajar di MAN 2 Yogyakarta

Authors

  • Sinta Rahmatil Fadhilah UIN Sulyhan Thala Saifuddin Jambi

Abstract

Abstract: Humans in determining attitudes and choices are influenced by two factors, namely internal factors (physical, spiritual and psychological) and external factors (one's social environment when interacting). In order for the attitudes and choices made by humans to be more mature, humans need to carry out a learning process. The school provides guidance and counseling teachers to provide learning guidance to students as educated humans, because learning guidance and counseling is a process of helping students find and develop good attitudes and study habits in mastering knowledge and skills in line with the development of science, technology and the arts. This study aims to determine the strategies used by BK teachers in the practice of learning guidance and counseling at MAN 2 Yogyakarta. The type of research used is descriptive qualitative. The author conducted interviews, observations, and documentation at MAN 2 Yoyakarta to obtain research data. Informants in this study were BK teachers and 10th grade students at MAN 2 Yogyakarta. The findings of this study are that there are three aspects of the strategy developed by BK teachers in providing learning guidance and counseling to students, firstly, special services, secondly, services for students with special needs, and thirdly, collaborating with related institutions. Keywords: Effectiveness, guidance, study  Abstrak: Manusia dalam menentukan sikap dan pilihan dipangaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal (jasmani, rohani dan psikologis) dan faktor eksternal (lingkungan sosial seseorang saat berinteraksi). Agar semakin matang sikap dan pilihan yang ditentukan oleh manusia maka manusia perlu melakukan proses belajar. Sekolah menyediakan guru bimbingan konseling untuk memberikan bimbingan berlajar kepada siswa sebagai manusia terpelajar, karena bimbingan dan konseling belajar merupakan sebuah proses membantu siswa dalam menemukan dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan keseninan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-staragi yang dilakukan oleh guru BK dalam praktek bimbingan dan konseling belajar di MAN 2 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penulis melaksanakan wawancara, observasi, dan dokumentasi di MAN 2 Yoyakarta untuk mendapatkan data penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK dan siswa kelas 10 di MAN 2 Yogyakarta. Adapun temuan dari penelitian ini yakni terdapat tiga aspek strategi yang dikembangkan oleh guru BK dalam memberikan bimbingan dan konseling belajar kepada siswa pertama layanan khusus, kedua layanan bagi siswa yang berkebutuhan khusus, dan ketiga menjalin kerjasama dengan lembaga terkait.Kata Kunci: Efektivitas, bimbingan, belajar

References

Daftar Pustaka

Ahmad Syafi’i, Tri Marfiyanto, Siti Kholidatur Rodiyah. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 115-123.

Ema Dauyah, Yulinar. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Non Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 196-209.

Hallen. (2007). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers.

Ishak. (2013). Hubungan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas VII Mts. Putri Darul Muhajirin Praya Tahun Pelajaran 2012/2013. Mataram: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Rusmiyati, Choli Astutik, Anis Tri Yuliana, dan Putri Amilia Candra . (2021 ). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. SHINE : Jurnal Bimbingan dan Konseling , 63-78.

Singgih D. Gunarsa dan Yulia Singgih D. Gunarsa. (2012). Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Thohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis intergrasi). Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wulan Rahayu Syachtiyani dan Novi Trisnawati . (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 . Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 90-101.

Yuni Novitasari dan Muhammad Nur. (2017). Bimbingan dan Konseling Belajar (Akademik) dalam Perspektif Islam. Indonesian Journal and Education Counseling, 53-78.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Fadhilah, S. R. (2022). Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Bimbingan dan Konseling Belajar di MAN 2 Yogyakarta. Al-Kamilah : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 1(1). Retrieved from https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jbkpi/article/view/8664

Issue

Section

Articles