PENDIDIKAN HOMESCHOOLING DALAM TRADISI ISLAM

Ahmad Salabi

Sari


Keberadaan pendidikan formal dan nonformal yang ada sekarang ini dirasa belum cukup, maka pada dasawarsa terakhir ini muncul bentuk penyelenggaraan pendidikan yang dikenal dengan sebutkan homeschooling atau sekolah-rumah, yaitu suatu bentuk pendidikan yang dilakukan orang tua dengan menggunakan rumah sebagai basis pendidikannya. Keberadaa sekolah-rumah diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan tingkat kecerdasan, kebutuhan, dan bakat yang dimiliki. Dalam tradisi Islam, pendidikan homeschooling ini berakar pada rumah tangga, halaqah, dan masjid.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ali Mustafa Yaqub, Sejarah dan Metode Dakwah Nabi SAW, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997.

Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Fadlulah, Dinamika Sistem Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Diadit Media, 2008.

Jonathan Berkey, The Transmission of Knowledge in Medieval Cairo: A Social History of Islamic Education, Princeton, NJ: Princeton University Press, 1992.

Karel A. Steenbrink, Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1994).

Sri Mulyani Nasution, Homeschooling dan Pendidikan Islam, https:// srimulyaninasution.wordpress.com/islamic-education/homeschooling-dan-pendidikan-islam-2/

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya, Bandung: Citra Umbara, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v13i24.1742

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##