NASKAH-NASKAH ISLAM ANONIM DI KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • Ahmad Syadzali Fakultas Ushuluddin, IAIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/al-banjari.v9i1.911

Keywords:

Anonim, Banjar, dan naskah lokal.

Abstract

Untuk beberapa waktu yang cukup lama, naskah-naskah keagamaan masa lalu di Kalimantan Selatan tampaknya luput dari perhatian. Paling tidak hanya terbatas pada karya-karya yang sangat populer seperti, Sabilal Muhtadin dalam bidang fiqh atau Durrun nafis dalam bidang tasawuf. Sedangkan teks-teks lainnya hanya sedikit yang tersentuh, apalagi sebagai objek penelitian. Jika ditelusuri, sebenarnya banyak teks-teks yang tersebar di masyarakat Kalimantan Selatan, sebagiannya bersifat anonim, teks-teks model ini biasanya identik dengan tasawuf. Penyebaran teks-teks tersebut biasanya tidak bersifat terbuka, tetapi terbatas pada kelompok-kelompok tertentu yang memiliki kesamaan faham.Terlepas dari berbagai kontroversi isi mengenai tasawuf yang ditawarkan, pada dasarnya keberadaan teks bisa menjadi bagian dari rekaman masa lalu. Oleh sebab itulah perlu ada upaya penyelamatan erhadap teks-teks anonim tersebut sebagai bagian dari dokumen sejarah , yang tentunya hal itu merefleksikan mata rantai kecenderungan masyarakat dari dulu hingga sekarang dalam merespon ajaran esoterisme Islam.

References

Abdullah, Hawash, Perkembangan Ilmu Tasawuf dan Tokoh-tokohnya di Nusantara, Surabaya, Al-Ikhlas, 1980.

Barthes, Roland, The Death of the Author (Kematian Sang Pengarang) dalam Toety Heraty, Hidup Matinya Sang Pengarang, terj. Iwan Mucipto, Jakarta, YOI, 2000.

Hadi WM, Abdul, Hamzah Fansuri Risalah Tasawuf dan Puisi-puisinya, Bandung, Mizan, 1995.

Hodgson, Marshall G. S., The Venture of Islam, terj. Mulyadhi Kertanegara, Jakarta, Paramadina, 2002.

Loir, Henry Chambert., Oman Fathurahman, Khazanah Naskah,World Guide to Indonesian Manuscript Collections, Jakarta, cole franaise dExtrme-Orient & Yayasan Obor Indonesia, 1999.

Marwan, H.M., Manaqib Datu Sanggul, Sahabat, Kandangan, tth.

Syadzali, Ahmad, Jurnal Kandil, edisi 4 tahun II Februari 2004.

Downloads

Published

2010-05-13

Issue

Section

Articles