SAREKAT ISLAM DI KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • Humaidy Abdussami IAIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/al-banjari.v9i2.801

Keywords:

Kemajuan, Kemunduran, Kebangkitan

Abstract

Sarekat Islam (SI) merupakan organisasi Islam Indonesia pertama yang pada awalnya berkembang pesat dan sangat cepat, bahkan sekaligus terkesan sangat missal dan kolosal. Namun anehnya kemajuan itu tak bertahan lama, secara cepat juga kemudian mengalami kemerosotan bahkan kemunduran yang sangat panjang, tak tau entah kapan bisa bangkit kembali meraih masa kejayaannya dahulu. Rupanya pada waktu berdirinya SI, pada satu sisi tepat momentumnya, pada sisi yang lain tokoh pimpinannya yang muncul peka dalam menangkap momentum tersebut sehingga mampu mengolah dan mengaktualkannya dengan baik sebagai pergerakan yang dahsyat dan mengejutkan. Di samping didukung adanya sikap netralitas institusi dan pemimpinnya terhadap berbagai ideologi dan aliran keagamaan. Sebaliknya, ketika SI sudah tidak bersikap netral lagi dan para pimpinannya sudah kehilangan elan vital kepekaannya dalam menangkap tanda-tanda zaman, maka terjadilah krisis yang panjang dan tidak diketahui kapan berakhir. Fenomena seperti ini melanda juga SI di Kalimantan Selatan. Meskipun sempat besar dengan aktifitas berbagai macam bidang terutama bidang pendidikan, sosial, politik dan ekonomi, tapi hal itu tak berjalan lama, hanya beberapa tahun, sesudah itu terpuruk karena terlalu jauh memasuki wilayah politik. Begitulah keberadaan SI secara keseluruhan, termasuk SI di Kalimantan Selatan, kejayaannya hanyalah nostalgia yang menghanyutkan, sebab dalam kenyataannya SI sampai sekarang tak mampu untuk bangkit. Memang masih ada tapi hanya papan nama, kecil sekali yang dalam ungkapan Arab wujuduhu kaadamihi, adanya seperti tidak adanya.

References

Amelz (ed.), HOS Tjokroaminoto, Hidup dan Perjuangan, Jakarta, Bulan Bintang, 1952.

Humaidy, Punduk Darussalam dalam Lintasan Sejarah, Kandil Edisi 2, Tahun I, September 2003.

Ideham, Suriansyah, dkk (ed.), Sejarah Banjar, Banjarmasin, Balitbangda, 2003.

Maksum, H.M. Nur., Gerakan Islam Moderen Di Kalimantan Selatan (1900-1942), Banjarmasin, IAIN Antasari, 1998.

Manan, Arsyad, Sejarah Gerakan Pembaharuan dan Kelanjutannya di Kalimantan, Panji Masyarakat, No.191, 15 Januari 1976.

-------------, Sejarah Pergerakan di Kalimantan Selatan, buku catatan.

Noer, Deliar, Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta, LP3ES, 1980.

Syamsuddin, Sejarah Pertumbuhan dan Perjuangan Sarekat Islam di Kalimantan Selatan sampai Tahun 1942, Skripsi Sarjana Muda Pendidikan Jurusan Sejarah, Banjarmasin, Unlam, 1970.

Tjokroaminoto, HOS, Zelfbestuur, dalam P.Soeharto dan S.Zainul Ihsan (ed.), Aku Pemuda Kemarin di Hari Esok, Jakarta, Gunung Agung, 1982.

Downloads

Published

2010-10-13

Issue

Section

Articles