PEMANFAATAN MEDIA INTERNET PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Mahyuddin Barnie UIN ANTASARI BANJARMASIN
  • Fajrul Ilmi

Abstract

Penggunaan internet semakin banyak digunakan para dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan secara daring setelah ada kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama RI yang meminta perkuliahan secara jarak jauh untuk mencegah penyebaran wabah corona atau covid 19. Penelitian ini untuk mencari jawaban terhadap laman  web  yang dipakai dalam perkuliahan Mata Kuliah PAI, kendala yang dihadapi dalam pembelajaran yang menggunakan internet dan solusi yang dijadikan jalan keluar dalam menghadapi kendala. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif research. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Adapun objek penelitian adalah pemanfaatan internet dalam pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penelitian ini digunakan:  Angket atau kuesioner, wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan laman yang menjadi tempat para mahasiswa mencari bahan bervariasi. Aplikasi yang paling banyak digunakan dalam perkulaiahan adalah Google Classroom. Problem jaringan yang lelet atau kurang lancar dihadapi oleh mahasiswa yang berada di daerah pedesaan atau daerah terpencil. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi adalah dengan mencari laman atau web yang lain, mengubah kata kunci pencarian, mencari tempat yang jaringannya bagus, merefres laman atau web, dan bertanya kepada teman.  Keywords: PAI, Pembelajaran Daring, Solusi, Kendal

References

Adri, Muhammad. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Makalah dalam rangka Semiloka Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi FT Padang, 22-23 Agustus 2007. (http://muhammadadri .wordpress.com. Dikutip tanggal 8 November 2009).

Amrullah, Ahmad Syukron, Penerapan Teknologi Web Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternativ Berbasis Web Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XII di Madrasah Aliyah Yaumi Ringinharjo Gubung Grobogan Tahun 2010, (Semarang, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2011).

Ardiansyah, Bambang Genjik, Rum Rosyid, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi, (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 5, No. 11, 2016).

Ekayana, Anak Agung Gde, Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru Di Jurusan Teknik Elektronika, (Jurnal Pendidikan Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fak. Teknik dan Kejuruan Univ. Pendidikan Ganesha/UNDIKSHA, Vol. 12, No. 2, Juli 2015).

Hasugian, Jonner, Pemanfaatan Internet Studi Kasus Tentang Pola, Manfaat dan Tujuan Penggunaan Internet Oleh Mahasiswa pada Perpustakaan USU, ( Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi Universitas Sumatera Utara, Vol.1, No.1, Juni 2005).

Jaedun, Amat, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar, ( http://staffnew. uny.ac.id/. Dikutip tgl. 22 September 2019).

Kadir, A, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. (Yogyakarta, Andi, 2003).

Kaliky, Pahrul Idham, Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Mahasiswa Di Universitas Pattimura Ambon, (Jurnal KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin), Vol. 2, No. 1, Januari- Maret 2013.

Komalasari, Bakti, dan Adinda Tessa Naumi, Analisis Penggunaan Internet Sebagai Referensi Mahasiswa Stain Curup (Studi Manfaat dan Dampak Media Massa), Jurnal Dakwah dan Komunikasi IAIN Curup-Bengkulu, Volume 3 Nomor 1 Tahun 2018

Kusumaputri, Erika, “Program Holistik E-Learning di Perguruan Tinggi Islam”, HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), Vol. 8, No. 1, 25 April 2012.

Lister, M, dkk. New Media : Critical Indtroduction. (New York: Routledge, 2003).

Luthfi, Ahmad, Studi Pemanfaatan Internet Bagi Pengguna di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumenep Jawa Timur, Penelitian, (Yogyakarta, Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga, 2008).

Mujahidi, Khairul dan Zuraidah, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Malik Malang, (Jurnal Ekonomi Modernisasi, 10 (2) :97-109 DOI 10.21067/jem.v10i2.775, 2014)

Ni’mah, Ghaniya, Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Pembelajaran Online di Fakultas Ilmu Sosial Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), (Yogyakarta, Skripsi, Prodi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga, 2016).

Nur Hamidah, Fitria dan Dion Yanuarmawan, Pemanfaatan Internet Untuk Memvariasikan Sumber Belajar Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jurnal ABDINUS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Univ. Nusantara PGRI Kediri, Vol 2 No 1, Tahun 2018).

Nasution, Laila Hadri. 2006. Pemanfaatan Internet Guna Mendukung Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Program Pascasarjana UNIMED. (http://library. usu.ac.id/. Dikutip Tanggal 8 November 2009.

Mujahidi, Khairul dan Zuraidah, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Bagi Mahasiswa FE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jurnal Moderasi UIN Malang, Volume 10, Nomor 2, Juni 2014.

Pavlik, J.V. New Media Technology: Cultural and Comercial Perspective, (United States of America: Allyn and Bacon, 1996)

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta, Rajawali, 2011)

Setiyani, Rediana, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika, Vol. V, No. 2, Desember 2010.

Shidarta, Lani, Internet Informasi Bebas Hambatan, (Jakarta, Elex Media Komputindo, 1996).

Soenhadji, Imam Murtono dkk, Prediksi Keyakinan Mahasiswa Akan Manfaat Fasilitas Studensite Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. (Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Tehnologi Informasi SNATI 21 Juni 2008).

Suhardiman, Bima, Pemanfaatan internet Dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru di SMA MUhammadiyah 1 Tangerang, (Jakarta, Skripsi, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Syahid, 2011).

Walidaini, Birrul dan Ali Murtadha Muhammad Arifin, Pemanfaatan Internet untuk Belajar Pada Mahasiswa, penelitian, (Padang, Pascasarjana Universitas Negeri Padang, 2016).

William dan Sawyer, Using Information Technology. (Yogyakarta, Andi, 2007).

Wiratama, Apip Avero, Bentuk Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Skripsi, (Lampung, PAI FTK UIN Raden Intan, 2017).

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-internet.html. Dikutip tgl. 19 Juli 2022.

Downloads

Published

2022-12-04

Issue

Section

Articles